Kompas.com - 03/06/2013, 04:35 WIB
EditorHery Prasetyo

MANCHESTER, KOMPAS.com — Mantan rekan setim Wayne Rooney di Manchester United (MU), Edwin van der Sar, menilai kritikan yang ditunjukan publik Inggris kepada striker Inggris itu berlebihan dan tidak tepat. Hal ini disampaikan kiper jangkung asal Belanda tersebut dalam wawancara dengan BBC Radio 5.

"Tekanan untuk Rooney sangat berat dan di situlah letak kesalahan publik Inggris. Kalian memuji-muji Rooney dan menganggapnya sebagai sosok yang akan membawa Inggris juara dunia atau Eropa, lalu ketika gagal, kalian akan menjatuhkannya," kata Van der Sar.

Di satu sisi, Van der Sar mengakui bahwa Rooney sedang tak berada dalam penampilan terbaiknya serta dibayang-bayangi penampilan impresif Robin van Persie. Namun demikian, Van der Sar menekankan bahwa Rooney tetap menjadi figur penting di The Red Devils dan harus bertahan setelah sebelumnya sempat meminta dijual.  

"Rooney bekerja keras untuk tim dan seorang pemain tak perlu selalu mencetak gol untuk berkontribusi," jelas Van der Sar.

"Pemain Inggris biasanya tak akan hengkang ke luar negeri. Menurutku, itu wajar mengingat tradisi sepak bola di sana, stadion yang selalu penuh, serta memiliki profit besar. Ia tak perlu pindah dan menurutku pergantian manajer serta staf bisa menjadi perubahan besar untuk MU selama beberapa musim ke depan," pungkas Van der Sar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.