Kompas.com - 02/06/2013, 01:57 WIB
EditorHery Prasetyo

MADRID, KOMPAS.com — Tanpa bunga, tanpa puja-puji. Seolah itu yang menimpa Jose Mourinho kala menjalani tugas terakhir sebagai pelatih Real Madrid pada pertandingan melawan Osasuna pada pekan terakhir Liga BBVA 2012-13, Sabtu (1/6/2013). Stadion Santiago Bernabeu pun hanya terisi dua pertiga. Kemenangan Madrid dengan skor 4-2 pun terasa hambar.

Kemenangan itu memang membuat Madrid mengumpulkan nilai 85 pada akhir kompetisi. Namun, mereka tetap menjadi runner-up Liga BBVA 2012-13. Posisi juara sudah digenggam Barcelona dengan nilai 97, bahkan berpeluang melengkapi menjadi 100 poin jika menang atas Malaga pada laga terakhir.

Sebagian suporter Madrid menunjukkan kekecewaan mereka terhadap Mourinho. Bukan hanya ia akan pergi dan diyakini kembali ke Chelsea, melainkan juga karena Madrid gagal meraih satu gelar pun di musim ini.

Maka, siulan dan teriakan sinis sering dilontarkan kepada Mourinho. Padahal, ini laga perpisahan bagi Mourinho.

Gonzalo Higuain yang menjadi kapten dalam laga itu membuka keunggulan Madrid pada menit ke-35. Itu menandai gol ke-100 Madrid pada musim ini.

Tiga menit kemudian, ada persembahan dari Michael Essien buat Mourinho. Ia menanduk bola hasil tendangan penjuru untuk membobol gawang Osasuna. Essien pun mempersembahkan gol itu buat Mourinho.

Pada babak kedua, Madrid sempat dikejutkan dua gol Osasuna. Ini membuat siulan dan ejekan kepada Mourinho semakin keras. Sebab, kedudukan menjadi imbang 2-2. Gol pertama Osasuna dicetak Roberto Torres pada menit ke-52 dan disusul gol Alvaro Cejudo pada menit ke-63.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beruntung, Karim Benzema kemudian mencetak gol pada menit ke-69. Kemudian, Jose Callejon juga mencetak gol pada menit ke-87. Madrid pun menang 4-2.

Persembahan terakhir Mourinho ini sebenarnya cukup memuaskan. Sebab, Madrid bermain atraktif dan menyerang. Namun, sebagian pendukung sudah telanjur sinis kepada Mourinho sehingga justru memberi kado perpisahan berupa siulan dan teriakan-teriakan sinis.

Meski begitu, ada juga yang tetap mengapresiasi kinerja Mourinho selama tiga tahun melatih Madrid. Mereka membentangkan spanduk untuk menyatakan rasa terima kasih kepada Mourinho.

Susunan Pemain
Real Madrid:
35-Jesus Fernandez, 11-Ricardo Carvalho, 17-Alvaro Arbeloa (37-Diego Javier Llorente 85), 18 Raul Albiol, 21-Jose Maria Callejon, 9-Karim Benzema, 10-Mesut Oezil (39-Omar  81), 15-Michael Essien, 19-Luka Modric, 22-Angel Di Maria (27-Nacho Fernandez 45), 20-Gonzalo Higuain

Osasuna: 1-Asier Riesgo (25-Ricardo 75), 3-Ruben Gonzalez, 15-Oier Sonj, 19-Fernando Nano, 35-Unai Garcia, 9-Emiliano Armenteros, 16-Alvaro Cejudo, 20-Francisco Silva (36-Maikel Mesa 78), 21-Roberto Torres, 22-David Timor, 12-Joseba Llorente (18-Manuel Omwu 45)

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.