Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti "Mou" Kembali

Kompas.com - 31/05/2013, 03:17 WIB

London, Kamis - Jose Mourinho kembali ke Liga Inggris. Mou berdamai dengan pemilik Chelsea Roman Abramovich dan akan berada di Stamford Bridge sebelum tur pramusim ke Asia. ”The Special One” menandatangani kontrak empat tahun dengan nilai Rp 594,4 miliar pada Selasa malam di London.

Edisi online The Sun mengunggah berita eksklusif Mourinho kembali ke Chelsea, Kamis (30/5) siang WIB. Media yang berbasis di London ini mengklaim kepindahan Mourinho sudah resmi berdasarkan informasi dari petinggi senior Chelsea.

Namun, Chelsea belum bersedia memberikan keterangan mengenai kabar yang diklaim The Sun itu. Stasiun televisi Fox Sports pada Kamis pukul 19.30 WIB mengabarkan bahwa pihak Chelsea masih bungkam.

The Sun sudah menurunkan berita mengenai kepindahan Mourinho dari Real Madrid ke Chelsea pada 3 Mei. Mourinho menandatangani kontrak dengan Chelsea pada Selasa malam. Itu malam kedua Mourinho di London setelah sebelumnya menyaksikan babak play off promosi ke Liga Inggris antara Crystal Palace dan Watford.

Kemunculan Mourinho di Stadion Wembley itu terlihat oleh wartawan BBC dan kemudian disiarkan melalui akun Twitter. Ia muncul bersama mantan tangan kanannya, Rui Faria. Kemunculan Mourinho itu memperkuat keyakinan bahwa dirinya akan segera kembali ke Liga Inggris.

Mourinho akan diumumkan sebagai Manajer Chelsea pekan depan. ”The Blues” menunggu Mourinho menyelesaikan laga terakhir Real Madrid di Liga Spanyol melawan Osasuna di Santiago Bernabeu hari Sabtu.

Mourinho diyakini sudah memimpin Chelsea dalam laga pramusim ke Asia. Chelsea melawan Singha All Stars XI pada 17 Juli di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Chelsea kemudian ke Malaysia pada 21 Juli dan ke Indonesia pada 25 Juli.

Manajer ke-10

Jose Mourinho akan menjadi pelatih ke-10 Chelsea dalam dua kali kesempatan sejak ”The Blues” dibeli Roman Abramovich pada 2003. Mourinho menggantikan Claudio Ranieri tahun 2004 dan dipecat tahun 2007.

Mourinho mempersembahkan enam gelar juara domestik, termasuk dua Liga Inggris. Mourinho dipecat karena Abramovich tidak sabar menimang gelar Liga Champions. Chelsea kemudian dipimpin Avram Grant, Luiz Felipe Scolari, Guus Hiddink, Carlo Ancelotti, Andre Villas-Boas, Roberto Di Matteo, dan Rafael Benitez.

Di Matteo mempersembahkan gelar Liga Champions, dan Chelsea menjuarai Liga Europa bersama Benitez. Dua gelar di level Eropa diraih Chelsea saat dipimpin pelatih sementara.

Mantan bintang sepak bola Belanda Ruud Gullit memberi saran supaya Mourinho memahami keinginan Abramovich. Triliuner asal Rusia itu ingin meninggalkan warisan berupa prestasi dan permainan indah.

”Saya tidak tahu apakah ini akan berakhir dengan air mata. Jose tahu cara untuk menang. Dia akan memilih menang daripada memainkan sepak bola seksi. Jika menang dan memainkan sepak bola seksi, itu merupakan kombinasi yang sangat bagus. Itulah yang diinginkan oleh Abramovich,” ujar Gullit.(Reuters/BBC/ANG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com