"Pele Masa Depan" Hijrah ke Barca

Kompas.com - 27/05/2013, 02:54 WIB
Editor

Sao Paulo, Minggu - Neymar da Silva Santos Junior, bintang sepak bola Brasil masa kini, mengumumkan kesepakatannya untuk berlabuh di klub raksasa Spanyol, FC Barcelona. Kabar ini mengakhiri spekulasi soal ke mana si ”Pele masa depan” itu berlabuh setelah sembilan tahun berkarier di Santos (Brasil).

Neymar mengumumkan kepindahannya ke Barca dalam akun Instagram-nya, Sabtu (25/5). ”Hari Senin (27/5), saya (akan) menandatangani kontrak dengan Barcelona. Saya ingin berterima kasih kepada pendukung Santos untuk kebersamaan selama sembilan tahun,” demikian tulis pemain berusia 21 tahun itu di akun pribadinya.

Neymar dikabarkan dipinang Barca dan Real Madrid. Di Spanyol, Barca memastikan hijrahnya sang bintang pada Minggu (26/5). ”FC Barcelona dan Santos FC telah menyetujui kontrak untuk Neymar da Silva Junior. Penyerang asal Brasil itu akan mengenakan seragam Barca untuk lima tahun ke depan,” demikian pernyataan di situs Barcelona.

Sementara Santos, dalam pernyataan yang dikutip The Guardian”, menulis, ”Semua upaya sudah dilakukan untuk membuatnya selama mungkin tetap di Brasil. Namun, kali ini tidak mungkin untuk menyaingi tawaran dari luar Brasil, yang berpengaruh langsung terhadap kemajuan karier profesionalnya.”

Kebintangan Neymar masyhur seantero jagat meski usianya tergolong muda. Di Santos, ia menjadi skuad utama dalam empat tahun terakhir dengan mencetak 156 gol dan 77 asis dalam 256 pertandingan. Pada 2011, ia bintang yang mengantar Santos merebut trofi Libertadores—kejuaraan antarklub Amerika Selatan—yang terakhir direbut Santos pada era 1960-an saat masih diperkuat Pele. Neymar juga menancapkan namanya di tim nasional Brasil dengan menyumbang 20 gol dari 32 penampilannya.

”Ini momen yang kontras bagi saya, sedih (karena harus mengucapkan selamat tinggal) dan senang (karena ada tantangan baru),” katanya. Ia terakhir kali berlaga untuk Santos hari Minggu kemarin melawan Flamengo pada laga pembukaan musim baru Liga Brasil. Soal penampilan terakhirnya itu, Neymar berujar, ”Saya ingin ada kesempatan masuk lapangan sekali lagi... dan mendengar suporter meneriakkan nama saya.”

Begitu populernya Neymar yang tampil dengan potongan rambut gaya mohawk itu, sampai-sampai anak-anak muda Brasil cukup menyebut ”Neymar” kepada tukang cukur jika mereka ingin berpotongan ala si bintang. Gadis-gadis Brasil meneriakkan namanya dan memburunya, layaknya ia penyanyi rock.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim sepak bola Brasil yang juara dunia lima kali kehilangan megabintang setelah menuanya Ronaldo, Ronaldinho, dan Robinho. Negeri ”Samba” ini berharap mereka bisa juara dunia 2014 dalam perhelatan di negeri sendiri. Di pundak bintang muda seperti Neymar-lah asa itu terpikul. (AFP/ADP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.