AS Roma Vs Lazio: Membelah Kota Roma

Kompas.com - 26/05/2013, 11:02 WIB
EditorHery Prasetyo

ROMA, KOMPAS.com — Kota Roma bakal terbelah. Rivalitas antara AS Roma dan Lazio selalu membangun polarisasi di kota itu antara pendukung Roma dan Lazio. Dan, polarisasi itu akan kembali muncul saat kedua tim bertarung di final Coppa Italia, Minggu (26/5/2013). Selain laga penuh gengsi, pertandingan itu juga bakal memperebutkan tiket Liga Europa.

Lebih spesial, pertandingan "Derby della Capitale" bakal berlangsung di Stadion Olimpico, markas kedua tim ketika bertindak sebagai tuan rumah di seluruh kompetisi. Tak ada yang ingin malu di depan rumah sendiri.

Dan, selalu saja setiap kedua tim bertemu, tiba-tiba publik Roma terpecah menjadi dua kubu. Satu kubu mendukung Roma dan kubu lainnya mendukung Lazio. Suasana yang rutin, tapi selalu dramatis, hingga polisi selalu mengerahkan kekuatan ekstra untuk menjaga keamanan baik di stadion maupun di seluruh kota.

Di kompetisi Serie-A musim ini, Lazio tak terkalahkan ketika dua kali bersua Roma. Pertandingan pertama dimenangi pasukan Vladimir Petkovic dengan skor 2-1. Lantas, pada Maret silam, Roma gagal melakukan pembalasan karena hanya mampu bermain imbang 1-1.

Kendati tak pernah menang atas I Biancocelesti musim ini, I Lupi ternyata duduk di peringkat akhir musim yang lebih baik. Roma berada di urutan keenam dengan 62 poin, unggul satu angka dari Lazio yang tepat berada di bawahnya.

Peringkat tersebut, tak berarti apa-apa untuk kedua klub asal ibu kota Italia itu. Pasalnya, tiket ke Liga Europa hanya diberikan untuk klub berperingkat empat dan lima, serta jawara Coppa Italia. Alhasil, laga final nanti kedua klub bisa saling sikut demi tiket ke Eropa.

Selain itu, Roma juga mengusung ambisi menjadi kolektor terbanyak peraih gelar Coppa Italia. Saat ini, Roma sudah merasakan sembilan kali titel Coppa Italia, sama seperti yang didapat Juventus, sementara Lazio, baru mengumpulkan lima gelar.

Semua syarat bakal tercipta pertandingan menarik telah terpenuhi. Bahkan, bisa saja, final kali ini akan berlangsung keras dan diwarnai banyak kartu. Jangan kaget, karena hal ini sudah biasa terjadi dalam "Derby della Capitale".

Siaran langsung
TVRI, Minggu (26/5/2013) pukul 22.30 WIB

Prakiraan susunan pemain
AS Roma (4-2-3-1): Bogdan Lobont; Marquinhos, Nicolas Burdisso, Leandro Castan, Federico Balzaretti; Michael Bradley, Daniele De Rossi; Erik Lamela, Francesco Totti, Miralem Pjanic; Pablo Osvaldo
Pelatih: Aurelio Andreazzoli

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X