Robben Pastikan Gelar ke-5 untuk Bayern

Kompas.com - 26/05/2013, 03:38 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com — Arjen Robben menjadi pahlawan kemenangan Bayern Muenchen pada final Liga Champions kontra Borussia Dortmund di Stadion Wembley, London, Sabtu atau Minggu (26/5/2013) dini hari WIB. Gol Robben, satu menit jelang laga bubaran, memastikan gelar juara Liga Champions ke-5 untuk Bayern yang membungkus kemenangan 2-1.

Bayern tampil sedikit gugup pada awal-awal babak pertama. Dortmund terlihat lebih rileks memainkan bola dari kaki ke kaki. Serangan Dortmund pun lebih bervariasi dari lini tengah maupun sayap.

Kesempatan pertama didapat bomber andalan Die Borussen, Robert Lewandowski, pada menit ke-14. Mendapatkan bola hasil umpan Marco Reus, Lewandowski yang melihat posisi Manuel Neuer sedikit maju, melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, Neuer bereaksi cepat untuk menepis tendangan Lewandowski.

Lima menit kemudian, Dortmund hampir membuka keunggulan. Umpan Reus dari sisi kanan, mengarah kepada Jakub Blaszczykowski yang bebas berada di depan kotak penalti Bayern. Sepakan Blaszczykowski dengan gemilang mampu dimentahkan refleks luar biasa Neuer.

Dortmund terus memberikan ancaman sementara Bayern masih belum leluasa mengembangkan permainan. Pada menit ke-22, Sven Bender mendapatkan peluang. Lagi-lagi, penampilan apik Neuer mampu menggagalkan setiap kesempatan Dortmund.

Akhirnya, peluang pertama bagi Bayern baru tercipta pada menit ke-25. Menerima umpan silang Franck Ribery, Mario Mandzukic unggul bola atas melawan Neven Subotic. Sundulan Mandzukic mengarah tepat ke gawang Dortmund. Roman Weidenfeller yang sempat mati langkah ternyata masih bisa mengulurkan tangannya untuk menghalau bola masuk ke gawang.

Setengah jam laga berlangsung, Robben mendapatkan kesempatan emas membuka keunggulan. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Weidenfeller, pemain asal Belanda itu gagal menceploskan bola karena sepakannya bisa dihentikan Weidenfeller.

Kesempatan selanjutnya didapat Dortmund. Lewandowski yang dikawal ketat Dante, mampu melepaskan diri dan tinggal berhadapan dengan Neuer. Sayangnya, tendangan mendatar pemain Polandia itu bisa dipatahkan Neuer yang dengan cepat menutup ruang tembaknya.

Bayern yang mulai menemukan ritme permainan sejak peluang pertama dari Mandzukic, kembali mendapatkan peluang. Robben yang lolos dari kawalan Subotic berdiri bebas di depan Weidenfeller. Dengan ruang tembak terbuka, Robben melepaskan sepakan voli. Apes bagi Robben, tembakannya mengenai wajah Weidenfeller sehingga peluang tersebut mentah kembali. Babak pertama pun berakhir imbang tanpa gol.

Selepas jeda, pertandingan berlangsung lebih menarik. Bayern memegang penuh kendali permainan pada awal-awal paruh kedua.

Halaman:
Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X