Kekerasan Bayangi Partai Final

Kompas.com - 26/05/2013, 03:28 WIB
Editor

roma, sabtu- Final Coppa Italia antara Lazio dan AS Roma di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (26/5), dibayangi bentrokan suporter. Pendukung kedua klub itu bentrok seusai derbi della capitale pada 8 April.

Sejumlah suporter mengalami luka terkena senjata tajam. Sekitar 200 suporter Lazio juga melempari polisi, yang menembakkan gas air mata, dengan botol minuman.

Kekerasan fisik dan rasial dikhawatirkan kembali terjadi di final Piala Italia. Kekecewaan terhadap kekalahan tim kesayangan dan harga tiket yang mahal juga bisa menjadi pemicunya. Tiket termurah final Coppa Italia adalah 30 euro (sekitar Rp 380.000). Bagi masyarakat Italia yang sedang dihantam krisis ekonomi, harga tiket itu sangat tinggi.

Untuk mengantisipasi bentrokan, pertandingan dimajukan ke pukul 18.00 dari pukul 21.00 waktu Roma. Pertandingan ini akan dijaga oleh 2.000 polisi.

”Selalu ada perhatian besar saat pertandingan sepenting ini akan berlangsung,” ujar gelandang AS Roma, Daniel De Rossi.

”Saya yakin masyarakat ingin datang dan menikmati pertandingan, tetapi mereka perlu meninggalkan semua pisau dan senjata di rumah,” ujarnya.

Gelandang tangguh dengan tekel-tekel keras itu bisa dimainkan di final, demikian juga dengan pemain bertahan Federico Balzaretti dan Marquinhos.

Lazio bisa tampil dengan kekuatan penuh melawan Roma, kecuali pemain serang Louis Saha yang masih cedera.

Final ini merupakan peluang terakhir menuju Liga Europa. Peluang Lazio dan AS Roma ke turnamen antarklub Eropa melalui jalur liga sudah tertutup. Lazio tergelincir di posisi ketujuh dan Roma di peringkat keenam. Laga ini akan panas.

Lazio dan AS Roma telah bertemu 157 kali. AS Roma menang 57 kali dan Lazio 42 kali. Namun, derbi ini merupakan yang pertama kali di final Coppa Italia.

Mantan pelatih AS Roma, Fabio Capello, menilai, Roma lebih percaya diri setelah mampu mengalahkan Napoli 2-1 di laga terakhir Serie A. ”Mereka (Roma) kemungkinan lebih segar dibandingkan Lazio, tetapi di pertandingan seperti ini dan begitu banyak yang dipertaruhkan, para pemain selalu bisa menemukan energi saat dibutuhkan,” ujar Capello. (Reuters/AP/ANG)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X