Kompas.com - 20/05/2013, 00:07 WIB
EditorAloysius Gonsaga

NEWCASTLE, KOMPAS.com — Arsenal akhirnya mengamankan jatah terakhir Liga Champions milik Liga Premier Inggris setelah memenangi pertandingan dengan skor 1-0 melawan Newcastle United di St James Park, Minggu (19/5/2013) waktu setempat. Laurent Koscielny menjadi sosok berjasa dalam pertandingan ini lewat gol tunggalnya pada menit ke-51.

Dikejar target mengamankan tiket terakhir ke Liga Champions, Arsenal justru kerap mendapat tekanan dari tuan rumah. Newcastle nyaris mendapat peluang melalui Papiss Demba Cisse pada menit ke-12 kalau saja solo run-nya tidak segera dihentikan oleh Laurent Koscielny. 

Arsenal juga sempat memiliki peluang melalui Santiago Cazorla, tetapi tendangan jarak jauhnya tak membuahkan hasil. Sial bagi The Gunners, belum berakhir babak pertama, mereka sudah harus kehilangan Mikel Arteta lebih awal karena mengalami cedera dan digantikan oleh Alex-Oxlade Chamberlain.

Memasuki 30 menit pertandingan, Arsenal mulai mencoba keluar dari tekanan Newcastle. Namun, solidnya lini pertahanan The Magpies yang digalang Fabricio Coloccini membuat serangan Arsenal yang diinisiasi Cazorla belum bisa menembus gawang Steve Harper. Lukas Podolski sempat nyaris mencetak gol, tetapi tembakannya masih bisa diamankan Harper, dan hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta.

Di babak kedua, Arsenal mengambil inisiatif permainan dan melakukan serangkaian tekanan untuk lini pertahanan Newcastle. Gunners akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-51 berkat gol Koscielny.

Berawal dari tendangan sudut Theo Walcott, Per Mertesacker mengirimkan umpan yang diteruskan Koscielny dan menembus gawang Steve Harper. Walcott nyaris menambah keunggulan semenit kemudian kalau saja ia tidak dihentikan oleh Harper. Hatem Ben Arfa sempat berpeluang menyamakan kedudukan, tetapi tendangannya dari jarak jauh hanya meleset ke sisi gawang Szczesny.

Memasuki injury time, Walcott kembali nyaris mencetak gol setelah solo run-nya melewati bek Newcastle. Tetapi, bola yang dilepaskannya justru membentur tiang gawang dan Harper berhasil mengamankannya sebelum Jack Wilshere bisa memanfaatkan bola rebound.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga pertandingan selesai, tidak ada gol lagi yang tercipta. Hasil ini menempatkan Arsenal di posisi keempat dengan 73 poin, selisih 1 angka dari saingan terdekat Tottenham Hotspur yang juga menang 1-0 melawan Sunderland.

Susunan pemain

Newcastle: 37 Steve Harper, 26 Mathieu Debuchy, 27 Steven Taylor, 2 Fabricio Coloccini, 13 Mapou Yanga-Mbiwa (49 Adam Campbell, 80'), 10 Hatem Ben Arfa, 4 Yohan Cabaye (8 Vurnon Anita, 57') , 24 Ismael Cheik Tiote, 18 Jonas Gutierrez, 11 Yoan Gouffran (22 Sylvain Marveaux, 64'), 9 Papiss Demba Cisse

Arsenal: 1 Wojciech Szczesny, 3 Bacary Sagna, 4 Per Mertesacker, 6 Laurent Koscielny, 28 Kieran Gibbs, 16 Aaron Ramsey, 8 Mikel Arteta (15 Alex Oxlade-Chamberlain, 27'), 14 Theo Walcott, 7 Tomas Rosicky, 19 Santiago Cazorla (10 Jack Wilshere, 88'), 9 Lukas Podolski (12 Olivier Giroud, 77')

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.