Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Martinez Janji Bangkitkan Wigan

Kompas.com - 15/05/2013, 06:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Setelah sebelumnya bersuka ria karena membawa Wigan Athletic juara Piala FA, kini Pelatih Roberto Martinez tak kuasa menyembunyikan kesedihannya setelah timnya dikalahkan Arsenal 1-4 dalam lanjutan Premier League, Selasa atau Rabu (15/5/2013) dini hari WIB. Sebab, kekalahan itu memastikan timnya terdegradasi ke Liga Championship. Namun, ia bertekad akan membangkitkan kembali timnya ke Premier League.

"Saya tak menyangka ini bisa terjadi. Kami punya sekumpulan pemain hebat yang tak layak mendapat hasil seperti ini," sesal Martinez dalam wawancara dengan Sky Sports.

"Ini hari yang berat untuk klub ini. Kami sudah menjalani delapan tahun yang hebat di Premier League. Kami harus mengambil sisi positifnya dan memastikan diri membangun diri untuk masa depan," lanjut Martinez.

Ia pun tak menampik bahwa Wigan kebobolan terlalu banyak gol. Tertinggal oleh gol Lukas Podolski, Shaun Maloney sempat merekahkan harapan Wigan lewat tendangan bebasnya yang merobek gawang Wojciech Szczesny dan menyamakan kedudukan. Namun, di babak kedua Wigan kembali kebobolan lewat gol Theo Walcott, Podolski, dan Aaron Ramsey. Banyaknya cedera yang menimpa lini bertahan Wigan pun disebut Martinez turut memiliki andil.

"Kami kebobolan terlalu banyak. Kami sudah tampil bagus sepanjang musim, namun cedera yang dialami oleh para pemain bertahan sangat banyak. Saat Anda memiliki empat hingga enam pemain cedera di posisi tersebut, juga saat Anda harus melakukan perubahan di lini pertahanan, hal itu akan mengganggu kemitraan antara pemain. Kebobolan banyak gol akan membuat Anda kehilangan poin, bahkan saat Anda tak bermain dengan buruk sekalipun." jelas Martinez.

"Sangat mengecewakan untuk terdegradasi, tapi ini sesuatu yang bisa kami tebus. Kami akan kembali, seperti yang selalu kami lakukan," tekadnya.

"Klub ini berada dalam kondisi finansial yang baik dan kami jauh lebih baik dalam aspek tersebut. Gaya sepak bola dan filosofi kami pun akan bertahan untuk waktu yang lama," tambahnya.

Kemenangan di final Piala FA pun tetap menjadi sesuatu yang disyukuri Martinez. Menurutnya, hasil tersebut sudah menunjukkan kemampuan Wigan.

"Saya gembira para pemain mampu menunjukkan kemampuan mereka. Memenangkan Piala FA adalah pencapaian luar biasa yang akan selamanya hidup dalam klub ini, untuk setiap orang yang terlibat, dan terutama bagi para penggemar," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com