Arsenal Paksa Juara Piala FA Terdegradasi

Kompas.com - 15/05/2013, 03:46 WIB
EditorHery Prasetyo

LONDON, KOMPAS.com — Arsenal sementara merebut posisi keempat (jatah terakhir Liga Champions) dari Tottenham Hotspur, setelah menghajar Wigan Athletic 4-1 dalam lanjutan Premier League, Selasa atau Rabu (15/5/2013) dini hari WIB. Kemenangan itu sekaligus juga memaksa Wigan terdegradasi ke Liga Championship (kasta kedua Liga Inggris).

Di peringkat ke-4, Arsenal mengantongi nilai 70, unggul 1 poin. Dengan satu pertandingan tersisa, Arsenal harus menang di laga terakhir jika ingin bermain di Liga Champions musim depan. Bagi Tottenham, mereka harus menang di laga terakhir dan berharap Arsenal seri atau kalah.

Sementara itu, Wigan berada di urutan ke-18 dengan nilai 35. Mereka sudah tak mungkin mengejar Sunderland yang berada di atasnya, karena sudah mengantongi nilai 39.

Tampil di hadapan publik sendiri, The Gunners unggul lebih dulu di babak pertama lewat gol Lukas Podolski sebelum Shaun Maloney menyamakan kedudukan di penghujung babak pertama. Arsenal baru bisa membalikkan keadaan di babak kedua melalui gol-gol Theo Walcott, gol kedua Podolski, dan Aaron Ramsey.

Dikejar misi mengamankan empat besar klasemen, Arsenal tampil lebih menekan. Arsenal nyaris unggul di menit ke-6 saat sundulan Santiago Cazorla mengarah ke gawang Wigan, tetapi ternyata bola masih menyamping ke kiri gawang Joel Robles. Wigan yang ingin menghindari zona degradasi pun tak mau kalah untuk menekan lini pertahanan Arsenal dan sempat nyaris menciptakan ancaman lewat Callum McManaman, tetapi tak ada gol yang tercipta.

Lukas Podolski akhirnya membuka keunggulan untuk The Gunners pada menit ke-10 melalui sundulan, memanfaatkan bola tendangan sudut Theo Walcott. Bola sundulan Podolski mengecoh kiper Joel Robles yang keliru mengantisipasi datangnya bola. Gol Podolski terbukti memberi suntikan kepada Arsenal untuk melancarkan serangan ke gawang Robles, memanfaatkan celah di lini pertahanan lawan. Aaron Ramsey nyaris menambah keunggulan Arsenal di menit ke-20, tetapi bola tembakannya masih meleset ke sisi kanan gawang.

Theo Walcott berhasil melesakkan bola ke gawang Robles pada menit ke-39, tetapi gol tersebut dianulir oleh wasit karena Walcott lebih dulu berada pada posisi offside.

Keasyikan menyerang, Arsenal lengah di menit-akhir babak pertama. Wigan akhirnya menyamakan kedudukan melalui Shaun Maloney. Berawal dari pelanggaran Mikel Arteta, wasit menghadiahkan tendangan bebas dekat kotak penalti Arsenal. Eksekusi Maloney menembus pagar betis Arsenal, sekaligus menaklukkan kiper Wojciech Szczesny dan menyamakan kedudukan 1-1. Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tetap berada dalam posisi imbang.

Di babak kedua Wigan bermain lebih menyerang dan nyaris membalikkan keadaan seandainya tendangan Arouane Kone gagal dibendung Szczesny. Sial bagi Wigan, gol James McCarthy di menit 50 dianulir wasit karena offside.

Di sisi lain, Arsenal juga gagal memanfaatkan peluang saat tendangan Arteta yang dipantulkan Robles gagal dikonversi menjadi gol oleh Santiago Cazorla. Podolski pun hampir menambah koleksi golnya seandainya sundulannya di menit ke-57 tidak diantisipasi Robles.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X