Kompas.com - 10/05/2013, 15:24 WIB
EditorAloysius Gonsaga

KOMPAS.com — Mantan pemain Everton, Tim Cahill, menilai David Moyes sebagai satu-satunya kandidat yang bisa melengkapi kesuksesan Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Moyes baru saja ditunjuk secara resmi menjadi pelatih MU untuk musim depan. Dia menggantikan Ferguson, yang pada Rabu (8/5/2013) mengumumkan bahwa dirinya pensiun pada akhir musim ini.

Menurut Cahill, yang dibeli Everton dengan harga 1,5 juta poundsterling pada tahun 2004 dan bermain dalam lebih dari 200 pertandingan Premier League serta mencetak 56 gol selama dibesut Moyes, hanya ada dua pelatih yang punya kemampuan menggantikan Ferguson. Satu lainnya adalah mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

"Anda perhatikan manajer lain di dunia, saya pikir, selain Pep Guardiola, satu-satunya orang yang cocok menangani klub seperti Manchester United adalah David Moyes," ujar pemain asal Australia ini kepada Sky Sports News, Jumat (10/5/2013).

"Dia sudah banyak berbuat untuk permainan, dan memiliki kesempatan pergi ke salah satu klub terbesar di dunia dan melanjutkan level kesuksesan mereka merupakan sebuah ukuran yang luar biasa baginya, dan berapa banyak mereka yang menghormatinya sebagai manajer sepak bola."

Moyes telah menandatangani kontrak berdurasi enam tahun, Kamis (9/5/2013). MU menaruh kepercayaan kepadanya, meskipun pengalamannya di level Eropa relatif kurang.

Namun, menurut Cahill, yang kini bermain di MLS bersama tim New York Red Bull, hal itu tak menjadi masalah. "Apakah Anda menginginkan manajer yang berada di level atas dan terkenal di sekitar klub-klub Eropa, membawa semua staf sendiri, mengubah jejak Manchester United, bahkan merusak struktur gaji, menggaet para superstar?

"Atau anda menginginkan seseorang yang memiliki rasa hormat kepada klub, menghormati produk yang mereka bikin, dan memahami anggaran?"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.