Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Sangat "Messidependent"

Kompas.com - 08/05/2013, 09:08 WIB

TURIN, KOMPAS.com - Pelatih Juventus, Antonio Conte, menilai terlalu berlebihan jika dikatakan era Barcelona sudah berakhir pascakegagalan Azulgrana di Liga Champions. Namun, Conte tak memungkiri bahwa kegagalan tersebut tidak terlepas dari ketergantungan Barca kepada Lionel Messi.

El Barca tersingkir dari ajang Liga Champions setelah dikalahkan Bayern Muenchen (0-4, 0-3) pada babak semifinal. Banyak kalangan yang menilai kegagalan tersebut menandakan sebuah era Barca yang telah berakhir.

"Barcelona? Mereka bisa  memenangkan liga dan melaju ke semifinal Liga Champions. Terlalu berlebihan bahwa era mereka telah berakhir. Memang benar bahwa akhir-akhir ini mereka 'Messidependent' (tergantung dengan Messi)," jelas Conte dalam wawancaranya dengan Gazzetta dello Sport.

Pendapat senada sebelumnya disampaikan oleh Jose Mourinho. Ia menilai tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions merupakan bukti bahwa kekuatan tim asuhan Tito Vilanova itu berkurang jika bermain tanpa Lionel Messi.

"Saya ingin mengatakan kepadanya bahwa tanpa Messi, Barcelona sangat berbeda dan itulah penyebab apa yang mereka alami di semifinal Liga Champions (kalah agregat 0-7 dari Bayern Muenchen)," ulas Mourinho. (GDS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com