Kompas.com - 08/05/2013, 09:08 WIB
EditorAloysius Gonsaga

TURIN, KOMPAS.com - Pelatih Juventus, Antonio Conte, menilai terlalu berlebihan jika dikatakan era Barcelona sudah berakhir pascakegagalan Azulgrana di Liga Champions. Namun, Conte tak memungkiri bahwa kegagalan tersebut tidak terlepas dari ketergantungan Barca kepada Lionel Messi.

El Barca tersingkir dari ajang Liga Champions setelah dikalahkan Bayern Muenchen (0-4, 0-3) pada babak semifinal. Banyak kalangan yang menilai kegagalan tersebut menandakan sebuah era Barca yang telah berakhir.

"Barcelona? Mereka bisa  memenangkan liga dan melaju ke semifinal Liga Champions. Terlalu berlebihan bahwa era mereka telah berakhir. Memang benar bahwa akhir-akhir ini mereka 'Messidependent' (tergantung dengan Messi)," jelas Conte dalam wawancaranya dengan Gazzetta dello Sport.

Pendapat senada sebelumnya disampaikan oleh Jose Mourinho. Ia menilai tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions merupakan bukti bahwa kekuatan tim asuhan Tito Vilanova itu berkurang jika bermain tanpa Lionel Messi.

"Saya ingin mengatakan kepadanya bahwa tanpa Messi, Barcelona sangat berbeda dan itulah penyebab apa yang mereka alami di semifinal Liga Champions (kalah agregat 0-7 dari Bayern Muenchen)," ulas Mourinho. (GDS)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.