Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Berbenah di Tangan Ferguson

Kompas.com - 24/04/2013, 03:17 WIB

manchester, selasa - Bagi pelatih Manchester United Alex Ferguson, kegembiraan bisa mempersembahkan gelar juara Liga Primer Inggris ke-20 bagi Manchester United tak perlu terlalu lama.

Empat laga tersisa pun akan tetap dimanfaatkan oleh Sir Alex, panggilan akrab Ferguson, untuk memecahkan rekor total poin pada akhir musim. Hingga musim ini, Chelsea masih memegang rekor total poin klasemen akhir, 96 poin, yang dicatat pada musim 2004-2005. Kala itu, ”The Blues” masih ditangani pelatih bertangan dingin asal Portugal, Jose Mourinho.

Bagi Ferguson, pembenahan dan perbaikan klub secara keseluruhan untuk mencapai gelar-gelar lain jauh lebih penting. ”Kami memiliki pemain-pemain muda berkualitas. Mereka telah menjadi tulang punggung tim ini dalam beberapa tahun terakhir. Penampilan mereka masih bisa lebih baik lagi dari saat ini,” katanya, seperti dikutip kantor berita AP, Selasa (23/4).

Salah satu bukti, sejak pindah dari Arsenal pada musim panas tahun lalu, aksi Robin van Persie memberikan dampak paling signifikan bagi klub berjulukan ”Setan Merah” ini. Dia pun kini memimpin sendirian di puncak pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan total 24 gol.

Tak hanya Van Persie yang begitu menonjol dengan tusukan-tusukan tajamnya ke wilayah pertahanan lawan. Penampilan Phil Jones, Rafael da Silva, David de Gea, dan beberapa pemain muda, termasuk Shinji Kagawa, diapresiasi tinggi oleh Sir Alex.

Phil Jones, pemain muda serba bisa yang dimiliki MU, menurut pelatih yang kini menginjak usia 71 tahun itu, adalah salah seorang pemain muda terbaik yang dimilikinya. Sementara baginya, Rafael da Silva menunjukkan permainan yang semakin matang sebagai bek kanan. ”Permainannya semakin baik dari hari ke hari. Dia mengingatkanku pada sosok Gary Neville,” ungkapnya.

Penampilan David de Gea di bawah mistar MU juga dinilai semakin baik di mata Sir Alex. De Gea, yang pada musim pertamanya berjuang keras untuk memperoleh tempat sebagai penjaga gawang nomor satu United, menurut Sir Alex, menjadi salah satu kunci kesuksesan klub saat ini.

Sementara soal Wayne Rooney, pelatih yang telah memenangi 49 trofi sepanjang kariernya bersama MU itu melihat Rooney lebih baik beradaptasi sebagai gelandang serang ketimbang sebagai penyerang murni.

Rooney mengatakan, dorongan mental dari sang manajer untuk selalu memperbaiki penampilan tertanam pada diri setiap pemain. Apalagi tragedi kehilangan gelar Liga Inggris musim lalu dari Manchester City menjadi cambuk bagi MU untuk tak mengulangi kejadian yang sama musim ini.

Sir Alex berharap dirinya bisa terus mendampingi Rooney dan kawan-kawan. Meski usianya telah menginjak 71 tahun, keinginannya untuk mempersembahkan gelar bagi United terus membara. (AP/AFP/MHD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com