Kompas.com - 22/04/2013, 15:44 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Belanda, Louis Van Gaal, merasa senang bisa mengunjungi Indonesia untuk merencanakan laga persahabatan kedua negara pada 7 Juni 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Pelatih berusia 61 tahun itu menyatakan akan membantu sepak bola Indonesia dengan filosofi yang dimiliki Belanda.

Dalam pertandingan tersebut, organisasi sepak bola Belanda atau KNVB dipastikan akan membawa pasukan terbaiknya. Dengan demikian, para pencinta "De Oranje" akan dapat melihat secara langsung aksi Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Rafael van der Vaart di SUGBK.

"Mudah-mudahan pertandingan berlangsung atraktif. Kami datang tidak hanya untuk bertanding, tetapi juga membantu sepak bola Indonesia dengan filosofi kami," ujar Van Gaal dalam tayangan video yang diputar saat jumpa pers di Erasmus Huis, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Van Gaal menuturkan, Van Persie dan kawan-kawan akan menikmati dukungan fantastis dari penggemar mereka di Indonesia. Ia berharap dapat membawa skuad Belanda lebih dekat dengan penggemar setia dan mendapat pengalaman lebih dari warisan dan budaya Indonesia-Belanda yang memiliki kedekatan ikatan historis.

"Saya harap para penggemar di Indonesia dapat nyaman menyaksikan pertandingan melawan Belanda. Saya yakin ini akan menjadi pertandingan yang atraktif," kata Van Gaal.

Manajer Pemasaran dan Sponsor KNVB Marc Boele mengatakan, tim dari Belanda akan mendiskusikan program-program terkait dengan sistem pengembangan sepak bola di Indonesia. Salah satu caranya dengan menjalin hubungan antarpemerintah (G2G) Indonesia dan Belanda dalam bentuk kesepakatan kerja sama.

"Ini adalah pertandingan spesial karena kami juga akan melakukan proyek kecil dengan Indonesia. Kami juga sudah berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Roy Suryo) terkait kemungkinan melakukan kerja sama ini dan KBRI kedua negara sedang dalam prosesnya," kata Boele.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menggelar laga persahabatan, kunjungan tim "Negeri Kincir Angin" itu juga dirangkai dengan acara lain, seperti coaching clinic untuk anak-anak dan temu penggemar. Van Gaal beserta asistennya akan memimpin langsung pelatihan singkat dengan anak-anak Indonesia tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.