Kompas.com - 22/04/2013, 15:32 WIB
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husin menyatakan, Badan Tim Nasional akan menurunkan skuad tim nasional Indonesia senior untuk menghadapi timnas Belanda pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 7 Juni 2013.

Dalam pertandingan tersebut, KNVB dipastikan akan membawa pasukan terbaiknya melawan Indonesia, antara lain Robin van Persie, Arjen Robben, Rafael van der Vaart, dan sang kapten Wesley Sneijder. Selain menggelar laga ekshibisi, skuad "De Oranje" akan melakukan rangkaian acara lain, seperti coaching clinic dan meet and greet bersama fans.

"Tim senior untuk persiapan Piala AFF akan kita kerahkan. BTN akan serius mempersiapkan pertandingan ini. Nanti mereka akan diseleksi pemain-pemain terbaik," ujar Djohar saat jumpa pers di Erasmus Huis, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Djohar menuturkan, Indonesia tidak hanya akan bertanding melawan Belanda pada Juni mendatang. PSSI selaku otoritas sepak bola Indonesia juga akan melakukan perjanjian khusus agar KNVB dapat membantu perkembangan sepak bola Indonesia.

"Jadi, banyak hal yang dapat kita dapatkan, salah satunya adalah rencana jangka panjang, seperti kerja sama antarpemerintah G2G sehingga pembiayaan untuk perkembangan sepak bola tidak ditanggung oleh federasi, tetapi oleh kedua negara bersangkutan," kata Djohar.

Terkait dengan peluang timnas Indonesia dalam pertandingan itu sendiri, Djohar tidak ingin terlalu mematok hasil tinggi. Meskipun pertandingan itu masuk ke dalam agenda FIFA, Djohar berharap agar para penggawa "Merah Putih" bisa fokus agar bisa meraih hasil maksimal.

"Di atas kertas, kita memang bisa kalah. Tetapi, banyak hal yang dapat kita petik dari pertandingan ini. Oleh karena itu, ini adalah sejarah, pemain timnas akan sangat berbangga bisa bermain dengan pemain sekelas Robin van Persie," kata Djohar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.