Gareth Bale Masuk Nominasi Dua Kategori

Kompas.com - 21/04/2013, 06:26 WIB
Editor

London, Jumat - Tahun ini, Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Inggris kembali akan memberikan penghargaan bagi pesepak bola terbaik. Adalah Gareth Bale, gelandang Tottenham Hotspur, yang sepak terjangnya dinilai cemerlang sehingga dinominasikan merebut dua gelar sekaligus.

Bale yang asal Wales dinilai mengesankan selama musim ini sehingga difavoritkan merebut gelar Pemain Terbaik dan predikat Pemain Muda Terbaik. Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional Inggris (PFA) akan mengumumkan pemenang pada 28 April 2013 di London.

Pemain Chelsea Eden Hazard juga dinominasikan masuk dua kategori itu. Bale yang berusia 23 tahun diunggulkan merebut gelar Pemain Muda Terbaik berkat kecemerlangannya mencetak 22 gol bagi Spurs dan lima gol bagi Wales pada musim ini.

Dalam daftar nomine Pemain Muda Terbaik, Bale berhadapan dengan Christian Benteke (Aston Villa), Hazard (Chelsea), Romelu Lukaku (Chelsea, pinjaman dari West Bromwich Albion), Danny Welbeck (Manchester United), dan Jack Wilshere (Arsenal).

Untuk kategori Pemain Terbaik, peluang Bale juga besar. Namun, ia harus bersaing dengan pemain Liverpool Luis Suarez dan pemain MU Robin van Persie. Suarez, pemain asli Uruguay, pada musim ini mencetak 29 gol. Van Persie, striker asal Belanda yang pindah ke Manchester dari Arsenal musim panas lalu, mencetak 25 gol.

Selain kedua rival berat itu, tiga pesaing lainnya adalah Michael Carrick (MU) serta Hazard dan Juan Mata (Chelsea). Di dua kategori itu, sama sekali tidak ada wakil dari klub pemenang musim lalu, Manchester City.

Sesungguhnya, Kepala Eksekutif PFA Gordon Taylor dikritik karena memasukkan Suarez dalam daftar meski ia memiliki reputasi buruk. Keterampilan Suarez memang tidak diragukan.

Hanya saja, reputasi tersebut cemar oleh tindakannya yang menimbulkan kontroversi. Di antaranya dengan mengeluarkan kata-kata berbau rasial. Tepatnya saat Liverpool menjamu MU di Anfield.

Bek kiri MU Patrice Evra mengatakan, Suarez menyerangnya dengan perkataan rasial untuk memancing emosinya selama pertandingan. Suarez lalu dihukum tidak boleh turun bertanding di delapan pertandingan.

Suarez juga menimbulkan kontroversi dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2010. Mewakili Uruguay yang saat itu berhadapan dengan Ghana. Suarez mendapat kartu merah seusai menahan tendangan pemain Ghana dengan tangannya.

Menurut Taylor, memasukkan Suarez dalam daftar memang menimbulkan kontroversi. Namun, pada musim ini, ia mempertunjukkan permainan mengesankan bersama Liverpool sehingga ia pantas jadi nomine.

”Kontroversi memang akan selalu menyertai para pemain. Namun, ia terlihat nyaman di Liverpool dan bersinar bersama klub itu. Tidak diragukan lagi, ia adalah salah satu pemain terbaik di dunia,” ujar Taylor.

(AFP/AP/REUTERS/HLN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.