Kompas.com - 19/04/2013, 23:52 WIB
EditorHery Prasetyo

ROMA, KOMPAS.com - Ketakutan akan muncul bentrok suporter, Wali Kota Roma, Gianni Alemanno, mengusulkan agar final Coppa Italia antara AS Roma dan Lazio, 26 Mei nanti, dilakukan pada siang hari. Pemajuan jadwal itu diharapkan mengurangi risiko kekerasan atau perkelahian suporter kedua klub.

Hubungan Roma dan Lazio selalu panas. Pertandingan kedua tim sering diwarnai perkelahian suporter kedua tim dan sering disebut "Perang Saudara". Untuk pertama kalinya, final Coppa Italia 2012-13 menyuguhkan Derby della Capitale antara Roma dan Lazio.

Laga Roma lawan Lazio itu sesuai jadwal dilakukan pada pukul 18.45 waktu setempat. Alemanno mengusulkan agar dimajukan demi menghindarkan kerusuhan. Pada kompetisi Liga Serie-A, 8 April lalu, pertandingan Roma lawan Lazio juga diwarnai kerusuhan, sebelum dan sesudah laga. Beberapa orang menajdi korban penusukan. Suporter juga sempat bentrok dengan polisi.

"Jadwal pertandingan terkadang memang bisa menarik perhatian atau membuat pertandingan menjadi kurang atraktif. Tapi, laga derbi tak butuh itu dan waktunya bisa dipindah agar lebih terkelola," kata Alemanno kepada kantor berita Italia, Ansa.

Pekan depan, otoritas sepak bola Italia akan mengadakan pertemuan untuk menentukan apakah akan mempertahankan waktu yang sudah ditentukan atau diubah. "Untuk pertandingan ini harus ada keterlibatan masyarakat seperti halnya polisi untuk membuat pertandingan ini menjadi pesta besar. Kita semua harus saling membantu," pinta Almanno.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.