Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Del Bosque, "El Clasico" Final Ideal Liga Champions

Kompas.com - 16/04/2013, 19:36 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Pelatih tim sepak bola nasional Spanyol Vicente del Bosque berharap agar Real Madrid dan Barcelona dapat bertemu di partai puncak Liga Champions 2012-2013. Menurutnya, partai "El Clasico" itu akan menjadi penutup yang sempurna turnamen itu.

Semifinal Liga Champions musim ini mempertemukan dua tim Jerman dengan dua wakil Spanyol. Barcelona akan menghadapi Bayern Muenchen, sementara Madrid akan melawan Borussia Dortmund.

Del Bosque mengatakan, melihat rekam jejak Barca dan Madrid di Eropa, maka akan sangat ideal jika kedua tim tersebut bertemu di puncak. "Semua orang menginginkan final (Liga Champions) antara Barcelona dan Real Madrid," ujar Del Bosque.

"Akan menjadi final yang hebat jika Barca dan Madrid bertemu di mana mayoritas pemain mereka mengisi skuad timnas Spanyol. Itu akan menjadi langkah besar bagi sepak bola Spanyol. Selama beberapa dekade terakhir kita telah melihat hegemoni tim Spanyol, seperti Valencia, Sevilla, Villarreal, dan Deportivo. Mereka menjalaninya dengan baik juga," kata Del Bosque.

Dalam sejarah Liga Champions, tidak pernah ada final yang mempertemukan dua tim asal Spanyol. Keduanya memang pernah bertemu sebanyak delapan kali di Liga Champions, tetapi semuanya terjadi pada penyisihan grup hingga semifinal. El clasico terakhir terjadi pada musim 2010-2011, di mana Barcelona menang agregat 3-1 dan menjadi juara setelah menekuk Manchester United di final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com