Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Butuh Uji Coba Internasional

Kompas.com - 23/03/2013, 22:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih sementara tim nasional Indonesia, Rahmad "RD" Darmawan, berpendapat, tim nasional yang ada saat ini layak dipertahankan. Namun, RD menilai skuad Garuda membutuhkan beberapa laga uji coba. Hal itu disampaikannya seusai Indonesia ditekuk Arab Saudi 1-2 dalam laga kedua Grup C Pra-Piala Asia Australia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3/2013) malam.

Dalam laga tersebut, RD tak memungkiri anak asuhnya sempat demam panggung karena sejumlah pemain sudah lama tak menjalani laga internasional.

"Satu hal yang harus kita lakukan adalah uji coba internasional. Pemain ini sudah jarang bermain internasional sehingga sempat gugup. Jadi, uji coba internasional diperbanyak agar pemain tidak gugup. Tim ini juga layak dipertahankan," tutur RD.

Dengan hasil itu, Indonesia sementara terjerembab di dasar klasemen Grup C berbekal dua kekalahan. Sebelumnya, Indonesia ditaklukkan Irak 0-1 dlam laga perdana 6 Februari lalu.

Namun, RD berpendapat, Indonesia masih berpeluang lolos dari penyisihan grup, mengingat masih ada empat laga tersisa. Selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan China pada Oktober mendatang. "Dengan persiapan yang cukup, saya pikir tim ini masih memiliki kans. Tapi, tim ini memerlukan laga uji coba karena masih ada waktu tujuh bulan untuk melakukan persiapan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com