"Soal Kedisiplinan, Maradona Saja Bisa Saya Coret"

Kompas.com - 11/03/2013, 21:07 WIB
EditorDaniel Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Manuel Luis Blanco, kembali menegaskan akan mengutamakan kedisiplinan terhadap anak asuhnya. Hal tersebut diungkapkannya kembali, menanggapi pencoretan Oktovianus Maniani dari skuad timnas Indonesia karena dianggap melakukan tindakan indispliner.

Masuk ke dalam daftar nama pemain yang dipanggil Badan Tim Nasional PSSI, Okto harus rela namanya dicoret Blanco dari skuad Garuda setelah dinilai berlaku tak disiplin dalam latihan, Sabtu (9/3/2013). Menurut Blanco, mantan pemain Persiram Raja Ampat itu disebut sering meninggalkan latihan timnas tanpa memberi tahu tim pelatih.

"Setiap pemain harus disiplin dan memunyai respek kepada timnas. Tidak bisa semaunya. Siapa yang tidak disiplin harus keluar. Saya tidak mau ambil pusing, baik itu pemain yang memiliki nama besar atau tidak," ujar Blanco di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (11/3/2013).

"Bahkan, kalau (Diego Armando) Maradona bermain di timnas Indonesia dan melakukan tindakan indisipliner, saya akan melakukan hal seperti itu (mencoretnya)," tambah pelatih berpaspor Argentina tersebut.

Blanco mengaku, saat ini dia tidak memiliki masalah terkait pencoretan tersebut. Ia berharap Okto dapat mengubah perilakunya dan para pemain lainnya bisa menjalani latihan dengan menjunjung tinggi kedisiplinan.

"Dalam kehidupan memang ada kesempatan. Tetapi, untuk saat ini, tidak dengan hal itu (pemanggilan kembali Okto) karena aturannya sudah jelas, untuk masalah indispliner," tegas Blanco saat ditanya kemungkinannya kembali memanggil Okto.

Okto sendiri sebelumnya mengakui kesalahannya adalah hanya tidak berkomunikasi dengan tim pelatih, saat mangkir dari latihan Sabtu pagi karena sakit perut. "Aku tidak masalah. Namun, ini tidak etis karena aku dikeluarkan oleh asisten pelatih. Seharusnya, Pelatih Kepala Luis Manuel Blanco yang menyampaikan hal itu," kata Okto.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X