Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Kaka dan Higuain, Madrid Taklukkan Super Depor

Kompas.com - 24/02/2013, 03:47 WIB

LA CORUNA, KOMPAS.com - Sempat tertinggal lebih dulu, Real Madrid akhirnya berhasil menundukkan Deportivo La Coruna dengan skor 2-1 dalam lanjutan Liga BBVA di Stadion Riazor, Sabtu atau Minggu (24/2/2013) dini hari WIB. Gol El Real diciptakan Ricardo Kaka dam Gonzalo Higuain. 

Pelatih Madrid, Jose Mourinho, memilih menyimpan beberapa pemain pentingnya seperti Sami Khedira, Mesut Oezil, dan Cristiano Ronaldo pada pertandingan ini. Pelatih asal Portugal tersebut ingin mereka lebih fit dalam laga penting melawan Barcelona pada Selasa (26/2/2013) nanti.

Dengan dicandangkanya Ronaldo, Mourinho memilih memainkan Jose Callejon, Ricado Kaka, dan Angel Di Maria. Ketiganya bakal bertugas mendukung kinerja Gonzalo Higuain sebagai ujung tombak El Real.

Meski begitu, Madrid terlihat tetap superior. Ricardo Kaka dan kawan-kawan berhasil menguasai permainan. Di Maria mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-15. Namun, tembakan pemain berpaspor Argentina tersebut masih bisa diamankan kiper Daniel Aranzubía.

Kondisi berbalik pada pertengahan babak pertama.  Madrid terlihat lebih tertekan. Sebuah aksi dari Pizzi nyaris menggetarkan gawang Madrid seandainya tembakannya tak melebar pada menit ke-31. Berselang semenit kemudian, gawang Madrid mendapatkan ancaman dari Aguilar. Namun, kiper Diego Lopez dengan cepat keluar dari sarangnya untuk membuang bola.

Terus mendapatkan tekanan, gawang Madrid akhirnya benar-benar kebobolan. Kiper Diego Lopez takluk setelah gagal menghalau tembakan keras yang dilepaskan Riki pada menit ke-35.

Gol ini membuat SuperDepor semakin percaya diri dan bahkan nyaris mencetak gol tambahan. Pizzi melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Madrid. Setelah berhasil mengecoh Pepe, Pizzi berusaha menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Madrid. Beruntung bagi Madrid, Marcelo yang berada di bawah mistar berhasil membuang bola.

Jelang turun minum, Madrid memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan tetapi masih bisa digagalkan Aranzubia. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga jeda.

Tak ingin pulang dengan tangan hampa, Mourinho masukkan Ronaldo, Oezil, dan Khedira pada menit ke-57. Namun, bukan Ronaldo yang menjadi juru selamat bagi Madrid. Melainkan, Kaka. Gelandang asal Brasil tersebut mencetak gol pada menit ke-73. Menerima umpan dari Di Maria di depan kotak penalti lawan, Kaka melepaskan tendangan melengkung membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang SuperDepor.

Sepertinya, pelatih Deportivo, Fernando Vasquez, tak menyerah. Dia memperkuat serangan timnya dengan memasukkan Nélson Oliveira, menggantikan Riki pada menit ke-75.

Di sisi lain, Madrid semakin percaya diri. Ronaldo yang melakukan tusukan dari sisi kanan pertahanan lawan nyaris mencetak gol tetapi masih Aranzunbia cermat menghalau bola. Kerja keras mereka akhirnya membuahkan hasil setelah Higuain mencetak gol pada menit ke-88. Gol berawal dari umpan brilian yang dilepaskan Kaka kepada Ronaldo di dalam kotak penalti. Ronaldo yang menguasai bola mampu membuat Aranzubia ke luar dari sarangnya. Ronaldo dengan cepat menyodorkan bola di depan bibir gawang. Alhasil, Higuain tak terlalu kesulitan menceploskan bola.

Namun, Madrid harus bermain sepuluh pemain di menit-menit akhir pertandingan. Wasit mengganjar Di Maria dua kartu kuning sekaligus karena dinilai menghalangi pemain lawan saat melakukan tendangan bebas. Minus Di Maria, Madrid tetap mampu menjaga keunggulannya hingga laga usai.   

Susunan Pemain
Deportivo:
1-Daniel Aranzubia; 17-Ayoze, 19-Silvio (Alex Bergantinos 26), 23-Kaka, 24-Carlos Marchena; 9-Pizzi, 12-Paulo Assuncao, 14-Abel Enrique Aguilar Tapias, 16-Bruno Gama, 21-Juan Carlos Valeron; 11-Riki (Nelson Oliveira 75)
Pelatih: Fernando Vazquez

Madrid: 25-Diego Lopez; 3-Pepe, 11-Ricardo Carvalho, 12-Marcelo (Ronadlo 57), 17-Alvaro Arbeloa; 8-Kaká, 15-Michael Essien (Oezil 56), 19-Luka Modric (Khedira 56), 21-Jose Maria Callejon, 22-Angel Di Maria; 20-Gonzalo Higuain
Pelatih: Jose Mourinho

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com