Kompas.com - 06/02/2013, 01:35 WIB
EditorDaniel Sasongko

ZURICH, KOMPAS.com — Bulgaria dan Hongaria kalah banding melawan sanksi FIFA, menyusul insiden rasial yang melibatkan sejumlah suporternya. FIFA pun memperingatkan dua negara Eropa Timur itu bisa diskors dari ajang Pra-Piala Dunia (PPD) Brasil 2014.

Bulgaria dan Hongaria harus memainkan laga PPD 2014 berikutnya tanpa kehadiran para suporternya. Asosiasi sepak bola Hongaria juga dikenai denda 28.000 pounds (sekitar Rp 420 juta), sementara asosiasi Bulgaria didenda 24.000 pounds (sekitar Rp 360 juta).

Hukuman bagi Bulgaria dijatuhkan setelah bek Denmark, Patrick Mtiliga, dilecehkan secara rasial oleh sejumlah penonton ketika ia menyentuh bol dalam laga PPD 2014, Oktober 2012.

Sementara denda terhadap Hongaria berkenaan dengan ulah suporternya yang memajang slogan anti-Semit dan mempertontonkan simbol yang "menyerang" lawan, kala timnasnya beruji coba melawan Israel, Agustus 2012.

"Banding yang dimasukkan Federasi Sepak Bola Hongaria dan Persatuan Sepak Bola Bulgaria ditolak dan keputusan Komite Disiplin FIFA mengacu segalanya pada (apa yang dihasilkan) 20 Desember 2012," tulis pernyataan resmi FIFA.

"Kedua asosiasi diperingatkan untuk memperbaiki tindakannya pada masa mendatang dan jika insiden rasial/diskriminasi muncul kembali, Komite Disiplin FIFA tak segan memberikan sanksi lebih berat, di mana dapat berupa memberhentikan pertandingan, pengurangan poin, atau mendiskualifikasi dari kompetisi," lanjut FIFA.

Kedua negara itu kini berstatus sebagai pemegang tiket play-off grup PPD 2014. Bulgaria akan memainkan laga melawan Malta bulan depan secara tertutup dan pada saat yang bersamaan Bulgaria juga akan melakukannya kala menjamu Romania.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.