Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manchester City Melaju

Kompas.com - 27/01/2013, 02:24 WIB

london, sabtu - Manchester City melaju ke putaran kelima Piala FA setelah berjuang ekstra keras untuk menundukkan Stoke City 1-0 di Stadion Britannia, Sabtu (26/1). City mengakhiri rekor tak terkalahkan Stoke dalam sembilan laga kandang di Piala FA. Ini sekaligus kemenangan pertama City di Britannia dalam tujuh laga terakhir. 

City unggul berkat gol Pablo Zabaleta yang lolos dari kawalan dan menyungkil bola ke sisi kiri gawang Stoke. Gol di menit ke-85 ini berawal dari kerja sama David Silva dan Sergio Aguero.

Aguero, yang dimasukkan di babak kedua menggantikan Aleksandar Kolarov, menyuntikkan agresivitas. Kelincahan pemain asal Argentina itu mampu menarik para pemain bertahan Stoke keluar dari posisinya.

Ini merupakan kekalahan yang menyakitkan bagi Stoke setelah awal Januari 2013 dihajar 0-3 oleh City di Stadion Ettihad dalam Liga Primer. Stoke juga kalah 0-1 dari City di final Piala FA 2011 berkat gol Yaya Toure.

Stoke tampil solid di kandang dan memaksa City berjuang hingga menit akhir untuk mencetak gol. Mereka bertahan sejak lini tengah dan menyerang balik saat berhasil menguasai bola.

City mendominasi penguasaan bola dan lebih sering menembus pertahanan lawan. Namun, usaha Carlos Tevez dan Edin Dzeko selalu dikandaskan oleh lini pertahanan Stoke yang disiplin.

Di babak pertama, City memiliki peluang gol melalui tendangan David Silva yang membentur tiang gawang. Adapun Stoke sempat mencetak gol melalui pemain bertahan Ryan Shawcross. Namun, wasit Howard Webb menganulir gol itu karena Shawcross dalam posisi offside.

Villa terpuruk

Aston Villa menjalani pekan buruk setelah dua kali tersingkir dalam empat hari, yaitu di Piala Liga dan Piala FA. Kemenangan 2-1 atas Bradford di Piala Liga pada hari Selasa tidak cukup untuk meloloskan Villa ke final. Villa kalah agregat gol 3-4.

Empat hari kemudian, Villa dikandaskan oleh Millwall 1-2 dalam putaran keempat Piala FA. Laga di kandang Millwall itu seperti akan menjadi milik Villa saat Darren Bent mencetak gol di menit ke-22.

Namun, lima menit kemudian tuan rumah bangkit berkat gol pemain bertahan Danny Shittu. Ujung tombak Millwall, John Marquis, mengunci kemenangan di menit ke-89.

Kekalahan ini memastikan Villa takkan meraih satu gelar pun musim ini. Kini, seluruh energi Villa akan difokuskan untuk melepaskan diri dari jerat degradasi Liga Primer. Villa berada di peringkat 17 dengan nilai 20, hanya satu poin dari zona degradasi.

Villa yang bertahan di Liga Primer sejak 1988 akan menjalani laga krusial melawan Newcastle United, pekan ini. Newcastle juga tengah berjuang menjauh dari zona degradasi. Saat ini, Newcastle berada di posisi ke-16 dengan 21 poin. (Reuters/AFP/AP/ANG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com