Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spurs, Cobaan Ferguson Sebenarnya

Kompas.com - 20/01/2013, 09:55 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Tottenham Hotspur ternyata memiliki makna lebih bagi Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson.

Dalam partai terakhir Premier League 2000/01, MU kalah dari Spurs di Stadion White Hart Lane. Setelah kekalahan itu, Ferguson memutuskan untuk pensiun pada akhir musim berikutnya.

Faktanya, kemenangan atas Spurs semusim setelahnya membawa langkah signifikan bagi Ferguson untuk memboyong trofi kampiun Premier League ke-13-nya. Pria berpaspor Skotlandia itu pun masih menjabat sebagai manajer Setan Merah hingga detik ini. Batal pensiun.

Yang pasti, Tottenham akan jadi tim berbahaya yang dapat membuat MU bertekuk lutut. Raksasa London utara itu tak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir di semua ajang.

Bahkan, kiper Hugo Lloris tengah tampil menawan, dengan hanya kebobolan 11 gol dalam 12 pertandingan terakhir, termasuk lima kebobolan sekaligus di markas sesama klub London utara, Arsenal.

Manajer Andre Villas-Boas pun punya talenta kunci per lininya. Gareth Bale untuk mendukung serangan dari lini kedua, Jermain Defoe bertugas membobol jala lawan, sementara Scott Parker akan bertugas menjaga keseimbangan di sektor tengah.

Apakah itu cukup? Ternyata belum.

Spurs kesulitan menghadapi tim-tim papan atas. Selain kalah dari Arsenal, Tottenham sudah takluk dari Chelsea, Everton, dan Manchester City musim ini.

Mereka pun terbukti kesulitan membongkar pertahanan lawan yang hobi "memarkir bus". Bertahan total.

Villas-Boas tak perlu khawatir MU akan berlaga seperti itu dalam pertandingan Premier League yang dijadwalkan ditayangkan langsung GlobalTV, Minggu (20/1/2013), mulai pukul 22.30 WIB. The Red Devils anti-bermain negatif dengan menumpuk banyak pemain di sentral pertahanannya.

Maklum saja, MU punya dua bomber yang gemar membobol jala Spurs. Tujuh gol sudah disunting Wayne Rooney, sementara Robin van Persie telah lima kali mengoyak jala bekas rival sekotanya tersebut. Meski kabar terakhir Rooney akan jadi pemain cadangan setelah kegagalan mengeksekusi penalti ke gawang West Ham United, paruh pekan lalu, ancaman dari Van Persie tak kalah membahayakan.

Belum lagi karya Michael Carrick. Eks gelandang Tottenham itu paham benar karakteristik bekas klubnya tersebut.

Ferguson juga berharap Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic tetap fit hingga sukses mengamankan pertahanan Manchester Merah. Ironis memang karena kolaborasi keduanya hanya berlangsung delapan laga Premier League dalam 17 bulan terakhir.

Jadi, berbekal hamparan pemain bintang, Ferguson coba melalui ancaman berbahaya di White Hart Lane, markas Spurs yang penuh dengan kenangan pahit dan manis.


Perkiraan Susunan Pemain
Tottenham (4-2-3-1):
Lloris; Walker, Vertonghen, Caulker, Naughton; Parker, Dembele; Lennon, Dempsey, Bale; Defoe
Manajer: Villas-Boas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com