Belum Ada Pemain ISL Gabung di Pelatnas Medan

Kompas.com - 07/01/2013, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia telah memulai pemusatan latihan hari ini, Senin (7/1//2013). Pelatnas yang digelar di Stadion Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, itu merupakan bagian dari persiapan timnas tampil di Pra-Piala Asia 2015. Namun, pelatnas itu baru dihadiri 11 dari 51 pemain yang dipanggil.

"Iya, baru 11 pemain yang hadir," tandas Nilmaizar saat dihubungi wartawan, Senin (7/1/2013) pagi.

Kesebelas pemain tersebut adalah Deny Marcell, Ketut Mahendra, Rasyid Assahid (PSM Makassar), Handi Ramdhan, Virga Liswanto (PS AU), Wahyu Tri, Slamet Nurcahyo (Persiba Bantul), Eldjo Iba, Yorgen Wayega, Fasco Manibor (Tim PON Papua), dan Syaiful Indra Cahya (Persema Malang). Tak satu pun pemain dari Indonesia Super League (ISL), padahal ada 26 nama yang dipanggil. Meski begitu, Nilmaizar mengaku optimistis pemain ISL bakal segera bergabung.

"Ada beberapa pemain ISL yang berkomunikasi sama saya dan mereka mau datang. Namun, saya tidak enak menyebutkan nama. Nanti saja lihat di lapangan," beber pelatih yang pernah menangani Semen Padang tersebut.

Terkait porsi latihan sendiri, Nilmaizar mengaku berusaha mengembalikan kondisi fisik para pemain lebih dulu.

"Tes kesehatan dan fisik baru besok. Nantinya, latihan seperti biasa, yakni latihan pagi dan sore. Materi-materi lainnya belum ada. Menunggu pemain lengkap terlebih dulu," tuturnya lagi.

Nilmaizar diharapkan dapat menyiapkan timnya sebaik mungkin mengingat Indonesia harus menghadapi tim-tim raksasa sepak bola Asia, yakni Irak (juara Asia 2007), Arab Saudi (juara Asia tiga kali), dan China di Grup C. Nantinya, setiap juara dan runner-up grup plus tim peringkat ketiga terbaik dari lima grup yang ada berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2015 yang digelar di Australia. Adapun putaran final Piala Asia 2015 akan digelar di empat kota, yaitu Melbourne, Brisbane, Sydney, dan Canberra.

Terakhir Indonesia tampil di putaran Piala Asia ialah pada 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Tim "Merah Putih" gagal lolos ke putaran final Piala Asia Qatar 2011 setelah sebelumnya selalu tampil di empat Piala Asia secara beruntun.

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorDaniel Sasongko
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X