Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Malaga, Madrid 16 Poin di Belakang Barca

Kompas.com - 23/12/2012, 03:53 WIB

MALAGA, KOMPAS.com - Real Madrid menyerah 2-3 kepada Malaga, pada pertandingan Liga BBVA, di La Rosaleda, Sabtu (22/12/2012). Dengan begitu, Madrid tertahan di peringkat ketiga dengan nilai 33 atau kalah 16 angka dari penguasa sementara, Barcelona.

Tuan rumah unggul lebih dulu melalui Isco pada menit ke-49. Dari tepi kotak penalti, ia melesatkan bola kiriman Joaquin ke sudut kanan bawah gawang Antonio Adan.

Skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-66. Sergio Sanchez salah mengantisipasi umpan Karim Benzema, sehingga bola masuk gawang sendiri.

Roque  Santa Cruz memulihkan keunggulan Malaga pada menit ke-72. Dengan tumit, Joaquin meneruskan umpan silang datar Jesus Gamez ke arah Santa Cruz di depan gawang. Santa Cruz meloloskan bola ke gawang Madrid dengan tendangan kaki kiri.

Hanya dalam waktu empat menit, Santa Cruz kembali masuk daftar pencetak gol. Dalam bayang-bayang Pepe dan Sergio Ramos, ia berhasil menjangkau dan menembakkan bola kiriman Joaquin masuk ke sudut kanan bawah dengan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti.  

Madrid memperpendek jarak melalui Benzema pada menit ke-84. Sebuah pergerakan Mesut Oezil di sektor kiri pertahanan Malaga berakhir dengan umpan silang, yang disepak Benzema masuk sudut kanan bawah gawang Wilfredo Caballero.

Madrid sempat mendominasi pertandingan, terutama pada babak pertama. Namun, mereka kesulitan mengalirkan serangan sampai tuntas. Sejumlah peluang yang tercipta pun tak diselesaikan dengan sempurna.

Pada menit ketiga, misalnya, Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas langsung ke arah gawang. Tembakannya mengarah tepat sasaran, tetapi kiper Wilfredo Caballero bisa menghentikannya di luar garis gawang.

Ronaldo kembali mendapatkan kesempatan mencetak gol pada menit ke-24. Memanfaatkan umpan Angel Di Maria, Ronaldo melepaskan tembakan dari jarak dekat, tetapi bola melesat ke sisi kanan gawang.

Semenit setelah itu, Di Maria melepaskan tembakan ke sudut kiri bawah gawang. Namun, sesaat sebelum bola melewati garis gawang, bola dibuang oleh Nacho Monreal.

Di sisi lain, tuan rumah beberapa kali melancarkan serangan balik berbahaya. Pada menit ke-21 misalnya, berawal dari bola yang lepas dari penguasaan Pepe, Isco mencoba melakukan kerja sama satu dua dengan Joaquin, tetapi Pepe bisa menggagalkan kerja sama itu.

Pada menit ke-31, Joaquin melepaskan umpan silang yang disundul ke arah gawang oleh Sergio Sanchez. Namun, tembakan yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang itu bisa diantisipasi Antonio Adan.

Gol Isco mengubah jalannya pertandingan. Malaga tampak semakin percaya diri, tetapi tetap disiplin dalam bertahan. Hasilnya, selain mampu memangkas serangan Madrid di tengah jalan, Malaga menciptakan peluang melalui Eliseu dan Javier Saviola pada menit ke-52 dan ke-53.

Madrid tampak melancarkan pergerakan berbahaya melalui Ronaldo pada menit ke-60. Namun, pergerakan Ronaldo dipotong Martin Demichelis. Setelahnya, Madrid mempertahankan tekanan, yang berujung gol bunuh diri Sanchez. Malaga belum menciptakan ancaman baru, ketika Oezil melepaskan tembakan yang diblok Sanchez pada menit ke-68.

Pertandingan sempat berjalan alot, hingga Santa Cruz membobol gawang Adan pada menit ke-72 dan ke-76.

Memasuki menit ke-80, Madrid menciptakan serangan yang berujung tembakan Benzema pada menit ke-81. Namun, tembakan ke sudut kanan bawah gawang itu kandas di tangan Caballero. Benzema mendapatkan gol pada usaha berikutnya.

Madrid kembali mendominasi pertandingan setelah gol itu. Namun, umpan yang kurang terukur dan sikap disiplin pemain Malaga membuat usaha Madrid tak membuahkan gol baru, hingga peluit berbunyi panjang.

Susunan pemain
Malaga:
13-Wilfredo Caballero; 2-Jesus Gamez, 5-Martin Demichelis, 21-Sergio Sanchez, 15-Nacho Monreal; 6-Ignacio Camacho, 19-Francisco Portillo (16-Manuel Iturra 70), 18-Eliseu, 22-Isco; 7-Joaquin (11-Seba Fernandez 83), 9-Javier Saviola (24-Roque Santa Cruz 65)

Madrid: 13-Antonio Adan, 15-Michael Essien, 3-Pepe, 4-Sergio Ramos, 17-Alvaro Arbeloa (21-Jose Maria Callejon 58); 14-Xabi Alonso (19-Luka Modric 77), 6-Sami Khedira, 22-Angel Di Maria (8-Kaka 64), 10-Mesut Oezil; 7-Cristiano Ronaldo, 9-Karim Benzema

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com