Kompas.com - 17/12/2012, 18:03 WIB
EditorDaniel Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Menpora, Djoko Pekik Irianto, menyatakan pemerintah tak bisa begitu saja membubarkan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI).

"Pemerintah jelas mengakui PSSI sebagai federasi yang sah. Tetapi, kami tetap harus bekerja sesuai kerangka kerja yang ada," ujar Djoko, Senin (17/12/2012).

Djoko mengatakan, pemerintah tentu mengakui PSSI sebagai federasi yang sah sesuai yurisdiksi. Namun, Djoko mengakui jika keberadaan KPSI tidak bisa dihilangkan begitu saja mengingat KPSI juga mendapat dukungan dari anggota PSSI hingga akhirnya terjadi Kongres Luar Biasa (KLB) Ancol, Maret 2012. Dalam KLB itu, La Nyalla Mattalitti terpilih sebagai sebagai Ketua KPSI.

 Saat ini, pemerintah melalui tim task force akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) untuk menentukan langkah-langkah penyelesaian konflik sepak bola Indonesia. FIFA sendiri telah mengamanatkan AFC untuk menjadi penengah konflik itu. Untuk itu, Task force akan melakukan pertemuan dengan Presiden AFC, Zhang Jilong, guna membahas langkah dan formula penyelesaian konflik.

"Rencananya, Presiden AFC akan datang ke Indonesia pada awal Januari 2013. Nanti akan diketahui kerangka kerja seperti apa yang harus kami lakukan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.