Kompas.com - 06/12/2012, 17:39 WIB
EditorTjatur Wiharyo

ASUNCION, KOMPAS.com — Istri Diego Mendieta (almarhum), Valeria Alverez, sangat terpukul dengan kematian suaminya. Ia mengaku telah berupaya keras agar suaminya tersebut sembuh dari masalah kesehatan akibat virus Cytomegalovirus dan jamur Candidiasis.

"Saya mengirimnya antara 100 dollar AS dan 200 dollar AS untuk biaya sewa (kamar) dan makan. Terakhir, saya mengirim 500 dollar AS untuk membayar biaya rumah sakitnya pada pekan lalu," ungkap Valeria seperti dilansir BBC.

Diego awalnya didiagnosis menderita tifus dan dirawat hingga sepekan di RSI Yarsis Solo. Meski sempat pulang, ia kembali masuk rumah sakit. Karena penyakitnya tidak teridentifikasi, ia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Dr Moewardi dan dirawat di sana hingga mengembuskan napas terakhir, Selasa (4/12/2012).

Menurut Valeria, biaya untuk rumah sakit tempat Diego dirawat memang cukup mahal hingga mencapai ribuan dollar AS. "Mendieta dikenai biaya ribuan dollar untuk rawat inap selama seminggu. Tidak ada dokter. Dia juga tidak diberikan perawatan apapun, dia dibiarkan berbaring. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia terkena virus," ujar Valeria, kepada Radio Monumental.

"Dia meninggal kesepian. Tidak ada yang peduli dan tidak ada konsulat yang membantu. Dia hanya punya tiga rekan asal Paraguay di sana (Aldo Barreto, Edgar Acosta Rolon, dan Irenaeus)."

Diego meninggalkan Valeria dan tiga anak, Enzo, Cielo Belin, dan Gaston. Diego sempat berjanji, akan langsung pulang ke Paraguay, begitu gajinya dibayar.

"Itu adalah mimpinya untuk meninggalkan pekerjaannya (dan menuju ke Paraguay). Namun, sayang, mimpi itu tidak menjadi kenyataan," tutup Valeria.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.