Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah 1-2, Barca dalam Jangkauan Celtic

Kompas.com - 08/11/2012, 04:51 WIB

GLASGOW, KOMPAS.com — Barcelona kalah 1-2 dari Celtic pada pertandingan keempat Grup G Liga Champions di Celtic Park, Rabu (7/11/2012). Dengan hasil itu, Barcelona tetap menguasai klasemen dengan nilai 9 atau unggul dua angka dari Celtic di tempat kedua.

Gol pertama tuan rumah diciptakan Victor Wanyama pada menit ke-21. Setelah melepaskan diri dari kawalan Jordi Alba, Wanyama menyundul bola kiriman Charlie Mulgrew masuk sudut kanan atas gawang Victor Valdes.

Tony Watt mengubah angka di papan skor menjadi 2-0 pada menit ke-83. Memanfaatkan umpan Fraser Forster, Watt berlari menggiring bola masuk benteng Barcelona dan menaklukkan Valdes dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Barcelona memangkas selisih lewat gol Lionel Messi pada menit ke-90+1. Messi membobol gawang tuan rumah dengan tembakan dari tengah kotak penalti memanfaatkan bola hasil tembakan Pedro yang ditepis Forster.

Barcelona mendominasi pertandingan. Banyak juga serangan mereka berakhir dengan eksekusi. Namun, nasib baik tampaknya belum menaungi mereka.

Pada menit ke-29, misalnya, Lionel Messi melihat bola tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti mental setelah membentur mistar. Delapan menit kemudian, giliran Alexis Sanchez melihat bola sundulannya membentur tiang kiri gawang.

Pada babak kedua, Barcelona semakin agresif dan kian sering membahayakan gawang tuan rumah dengan tembakan-tembakan akurat. Pada menit ke-56, misalnya, Messi melepaskan tembakan jarak jauh yang hanya membuahkan tendangan sudut.

Enam menit kemudian, Alexis Sanchez melihat bola tembakannya diblok Forster. Sanchez berhasil menjangkau bola muntah dan menembakkannya kembali. Namun, Forster kembali mampu mengebloknya.

Barcelona terus menekan dan menciptakan setidaknya empat peluang sampai Celtic mencuri kesempatan menyerang pada menit ke-82 yang berujung gol Watt. Itu adalah serangan terakhir Celtic.

Setelahnya, Barcelona menciptakan empat peluang, yaitu tembakan Pedro pada menit ke-85 yang diblok Kevin Wilson, tembakan David Villa pada menit ke-90, yang meleset dari sasaran, dan tembakan Pedro pada menit ke-90 yang ditepis Forster, tetapi diloloskan ke gawang oleh Messi.

Pedro dan Messi masih sempat melepaskan satu tembakan sebelum peluit berbunyi panjang. Namun, tembakan Pedro dijinakkan Forster, sementara eksekusi Messi diblok Charlie Mulgrew.

Sepanjang laga, menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 72 persen dan menciptakan 14 peluang emas dari 24 usaha. Adapun tuan rumah melepaskan empat tembakan akurat dari lima percobaan.

Susunan Pemain
Celtic (4-4-1-1):
1-Fraser Forster; 23-Mikael Lustig (32-Tony Watt 72), 4-Efe Ambrose, 6-Kelvin Wilson, 2-Adam Matthews; 15-Kris Commons, 67-Victor Wanyama, 16-Joe Ledley, 21-Charlie Mulgrew; 9-Georgios Samaras (33-Baram Kayal 79); 7-Miku

Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 15-Marc Bartra (3-Gerard Pique 72), 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba; 6-Xavi, 25-Alex Song (4-Cesc Fabregas 71), 8-Andres Iniesta; 17-Pedro, 10-Lionel Messi, 9-Alexis Sanchez (7-David Villa 66)

Wasit: Bjorn Kuipers

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com