Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi-Iniesta Nyaris Gabung ke Rangers

Kompas.com - 25/10/2012, 01:14 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com Bintang Barcelona, Lionel Messi dan Andres Iniesta, ternyata pernah hampir bergabung dengan klub Skotlandia, Glasgow Rangers, sebagai pemain pinjaman pada musim 2004-05. Hal itu terungkap dalam buku berjudul Barca: The Making of the Greatest Team in the World yang dikarang oleh Graham Hunter.

Saat itu, Pelatih Rangers, Alex McLeish, meminta asistennya Wouters mengenai kesediaan talenta muda Barca untuk bermain di Rangers pada musim 2003-04. Pada saat itu, Messi dan Iniesta mulai unjuk gigi di panggung sepak bola Spanyol. Barcelona mempertimbangkan kedua pemain tersebut untuk dipinjamkan guna menambah pengalaman.

Wouters yang cukup kenal dekat dengan Hank ten Cate (assiten Frank Rijkaard, Pelatih Barcelona waktu itu) memberi penawaran untuk meminjam Messi. Namun, Ten Cate keberatan karena Messi telalu muda untuk mencicipi kerasnya kompetisi Skotlandia. Sebaliknya, Ten Cate malah menyarankan Rangers untuk membuat penawaran pinjaman resmi untuk Iniesta.

"Ten Cate dan Wouters berdiskusi soal kemungkinan meminjam Messi. Namun, Ten Cate menilai Messi terlalu muda dan mungkin terlalu sedikit mendapatkan manfaat dari sepak bola Skotlandia. Sebagai gantinya, Henk menyarankan Iniesta," jelas McLeish.

Glasgow berusaha melakukannya pada akhir musim 2004-05. Namun, Iniesta tampil menawan dalam pertandingan pramusim sehingga Barcelona bersikukuh tak melepasnya. Sementara Messi namanya mulai berkibar pada musim 2005-06. (GMF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com