Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyegaran Capello di "Beruang Merah"

Kompas.com - 12/10/2012, 03:31 WIB

Popularitas dan nama besar pemain bukan jaminan bagi seorang Fabio Capello. Pelatih kawakan yang kini dipercaya melatih tim nasional Rusia untuk Piala Dunia 2014 itu lebih memilih membentuk para pemain muda dan meminggirkan sejumlah pemain senior yang kebugarannya meragukan atau memiliki masalah lain.

Andrey Arshavin, kapten tim Rusia pada 2006 dan kemudian terus berlanjut sejak 2009, akhirnya didepak Capello dari tim nasional. Komentar Arshavin yang menyakiti hati publik sepak bola Rusia menjadi pertimbangan penting bagi Capello untuk tidak memasukkannya ke daftar 24 pemain yang disiapkan menghadapi pertandingan kualifikasi melawan Portugal dan Azerbaijan di Moskwa, akhir bulan ini.

”Saya sudah katakan bahwa fans adalah komponen penting dan kami mengharapkan dukungan mereka,” ujar mantan pelatih tim nasional Inggris itu.

Pelatih asal Italia itu juga menyingkirkan penyerang yang kini bermain di klub Reading, Pavel Pogrebnyak, dan memanggil pemain berusia 22 tahun yang tengah menanjak, Maxim Grigoriev dari klub Lokomotiv Moskwa, untuk meningkatkan ketajaman tim.

Mantan pemain sayap Chelsea, Yuri Zhirkov, yang kini bermain di klub kaya-raya Anzhi Makhachkala, pun tidak dilirik. Begitu juga pemain veteran Konstantin Zyryanov dari klub Zenit St Petersburg, langsung dia coret dan diganti dengan pemain Lokomotiv Moskwa, Dmitry Tarasov.

”Para pemain di pasukan tim nasional adalah yang terbaik pada saat ini,” ujar Capello saat ditanya mengenai Pogrebnyak.

Capello lebih memilih Artem Dzyuba dari Spartak Moskwa karena melihat peluang dia untuk berkembang sebagai pemain jauh lebih besar ketimbang Pogrebnyak. ”Saya sudah membuat pilihan, yaitu mengambil Dzyuba, karena saya nilai dia bisa beradaptasi dengan berbagai pilihan serangan,” tegasnya, seperti dikutip Ria Novosti.

Langkah Capello sesungguhnya bukanlah hal yang mengejutkan. Ketika menjadi pelatih tim nasional Inggris pun Capello tanpa ragu tidak memasukkan pesepak bola Inggris paling sohor, David Beckham, dalam tim nasional asuhannya. Ketika itu dia menegaskan, Beckham sudah terlalu tua untuk tergabung di timnya.

Pengalaman panjang melatih sejumlah klub di Italia, Spanyol, dan Inggris membuat Capello sangat meyakini bahwa sepak bola adalah permainan yang membutuhkan ketahanan fisik prima.

Kesatupaduan tim

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com