Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikerubut 3 "Raksasa" Asia, Nil Kalem, Bob Optimistis

Kompas.com - 09/10/2012, 20:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Nil Maizar, angkat bicara soal hasil undian Pra-Piala Asia Australia 2015. Menurutnya, skuad "Merah Putih" harus segera berbenah untuk menyongong event empat tahunan tersebut, mengingat lawan yang dihadapi adalah para raksasa.

"Kami tahu mereka tim terbaik. Apalagi, mereka pernah tampil di Piala Dunia. Yang terpenting, kita harus membenahi tim dan memaksimalkan apa yang ada," sebut Nil kepada wartawan seusai memimpin pemusatan latihan (TC) AFF 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (9/10/2012).

Dari hasil undian yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Melbourne, Australia, Selasa (9/10/2012) siang, Indonesia bersaing dengan Irak (Juara Asia 2007), Arab Saudi (Juara Asia tiga kali), dan China, di Grup C.

Koordinator timnas, Bob Hippy, mengungkapkan, timnas yang akan diturunkan pada Pra Piala Asia nanti merupakan materi pemain yang tampil di Piala AFF 2012 dan SEA Games 2013.

"Insya Allah lolos. Saya optimistis (Indonesia) bisa lolos (ke putaran final). Kita bisalah lawan China," tandasnya.

Nantinya, masing-masing juara dan runner-up grup plus tim peringkat ketiga terbaik di antara lima grup itu akan lolos ke putaran final Piala Asia Australia 2015.

Gelaran putaran final akan dilakukan di empat kota "Negeri Kanguru", Melbourne, Brisbane, Sydney, dan Canberra.

Indonesia terakhir tampil di putaran final Piala Asia pada 2007, saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Vietnam, dan Thailand. Tim "Merah-Putih" gagal lolos ke Piala Asia Qatar 2011 Qatar, setelah sebelumnya selalu tampil salam empat putaran final secara berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com