Kompas.com - 08/10/2012, 20:06 WIB
EditorDaniel Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim nasional senior Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) ketiga, Senin (8/10/2012), sebagai persiapan menjelang turnamen Piala AFF 2012 pada akhir November mendatang. Latihan perdana yang dilakukan di Lapangan Futsal Hotel Grand Tropical, Jakarta tersebut baru diikuti 20 pemain.

Skuad "Merah Putih" menggelar TC tahap pertama sejak Juli lalu.  Pelatih timnas senior, Nil Maizar, sebelumnya, mengatakan telah memanggil 31 pemain, delapan diantaranya berasal dari Indonesia Super League (ISL).

"Hari ini baru 20 pemain yang bergabung. Nanti malam akan tambah lagi Elie Aiboy, Irfan Bachdim, Diego Mitchiels. Sedangkan untuk pemain ISL masih dalam koordinasi dengan PSSI," ujar Nil saat ditemui di sela-sela latihan timnas, Senin petang.

Dalam TC yang awalnya direncanakan digelar di Lapangan C Senayan tersebut, sejumlah pemain andalan timnas sudah hadir, diantaranya Titus Bonai, Andik Vermansyah, Adi Hendra Bayauw, Samsul Arif, Endra Prasetyo, dan Taufik.

"Sekarang baru adaptasi training. Karena, sebagian dari mereka baru datang tadi pagi. Jadi, masih capek. Beberapa pemain juga masih ada yang dalam perjalanan. Karena itu, kami putuskan untuk melakukan latihan di sini dulu. Besok baru mulai di Lapangan C," kata Nil.

Di tengah-tengah TC tahap terakhir sebelum berangkat ke Malaysia pada 21 November mendatang ini, timnas juga akan menjalani tiga uji coba. Namun, sejauh ini baru timnas Vietnam yang sudah memastikan diri menjadi lawan Titus Bonai dan kawan-kawan pada 16 Oktober mendatang di Hanoi.

"Setelah melawan Vietnam, nanti akan disusun lagi. Setidaknya, ada dua pertandingan uji coba --satu tim lokal dan internasional-- sebelum berangkat ke Malaysia. Uji coba itu akan dilakukan sebelum 10 Oktober," ungkap mantan pelatih Semen Padangitu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Piala AFF 2012, Indonesia bergabung di Grup B bersama tuan rumah Malaysia dan Singapura. Satu tempat lagi akan diperebutkan Kamboja, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Laos di babak kualifikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.