Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhiri Kutukan 23 Tahun, "Spurs" Bungkam MU

Kompas.com - 30/09/2012, 01:30 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Tottenham Hotspur akhirnya berhasil mengakhiri "kutukan" di Old Trafford setelah sukses mengalahkan Manchester United 3-2 pada lanjutan Premier League, Sabtu (29/9/2012). Ini merupakan kemenangan perdana "The Lily Whites" di Old Trafford dalam 23 tahun, atau sejak mengalahkan MU pada 1989.

Tidak hanya itu, kemenanangan ini memperbaiki catatan "Spurs" kala bertemu MU. Statistik mencatat, MU enam kali mengalahkan "Spurs" dalam tujuh pertemuan terakhir kedua tim dalam semua ajang.  

Aroma kemenangan buat Tottenham memang sudah terasa semenjak awal laga. Tottenham mampu menciptakan gol cepat saat pertandingan baru berumur dua menit. Jan Vertonghen berhasil menjebol gawang Anders Lindegaard usai memaksimalkan umpan Gareth Bale.

MU berusaha mencetak gol balasan. Robin van Persie nyaris mencetak gol pada menit ke-12. Sayang, bola tembakan bomber asal Belanda tersebut gagal mengenai sasaran. Setelah itu, Van Persie terlihat kesakitan sambil memegang kaki kirinya. Namun, setelah mendapatkan perawatan, Van Persie masih bisa melanjutkan pertandingan.

Meski begitu, usaha MU untuk bangkit belum juga membuahkan hasil. Bahkan, justru Tottenham yang kembali menuai gol lewat Bale pada menit ke-32. Gol berawal dari serangan balik yang dipimpin oleh Mousa Dembele. Dembele kemudian menyodorkan bola kepada Bale.

Dengan kecepatannya, Bale berhasil melewati Rio Ferdinand dan menembus kotak penalti lawan. Tanpa ampun, gelandang asal Wales tersebut melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang di pojok kanan bawah gawang MU. "Spurs" pun unggul 2-0.

Tersisa sebelas menit, Ryan Giggs dan kawan-kawan berusaha membongkar pertahanan tim tamu. Apa daya, usaha tim besutan Sir Alex Ferguson ini belum membuahkan hasil sampai turun minum dan dipaksa tertinggal 0-2.

Selepas turun minum, laga semakin sengit. Tercipta tiga gol saat laga berlangsung kurang dari 15 menit. Gol pertama pada babak ini diciptakan oleh Nani pada menit ke-51. Wayne Rooney yang masuk menggantikan Giggs, berhasil melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Bola langsung disambut Nani dengan sepakan keras dan gol.

Dalam semenit, "Spurs" berhasil membalas gol tersebut dan membuat kedudukan menjadi 3-1. Gol berawal dari sepakan keras Bale yang sempat ditepis Lindegaard. bola rebound langsung disambar Clint Dempsey dan ia menendang bola ke gawang yang sudah kosong.

Gol tersebut seperti melecut pasukan "Setan Merah". Hanya bermarjin semenit, Shinji Kagawa berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan umpan terobosan Van Persie.

Tertinggal satu gol saja, MU semakin bersemangat mengejar dan terus mendominasi permainan. Rooney nyaris membobol gawang "The Lilywhite" dari tendangan bebas yang dieksekusinya pada menit ke-62. Sayang, bola tembakannya masih membentur mistar.

Melihat kuatnya determinasi MU, Pelatih Tottenham, Andre Villas-Boas, memperkuat lini tengah dengan memasukkan Gylfi Sigurdsson, menggantikan Dempsey pada menit ke-70. Tak mau kalah, Fergie menambah kekuatan di lini depan dengan memasukkan Danny Welbeck pada menit ke-79. Penyerang asal Inggris itu menggantikan Kagawa.

Di waktu yang tersisa, MU memiliki beberapa peluang emas. Namun, Brad Friedel tampil gemilang di bawah mistar "Spurs" dengan mematahkan sejumlah peluang MU. Alhasil, MU dipaksa menyerah dengan skor 2-3.
 
Susunan Pemain
Manchester United:
13-Anders Lindegaard; 2-Rafael, 3-Patrice Evra, 5-Rio Ferdinand, 6-Jonathan Evans; 11-Ryan Giggs (Rooney 45), 16-Michael Carrick, 17-Nani, 22-Paul Scholes; 20-Robin Van Persie, 26-Shinji Kagawa

Tottenham Hotspur: 24-Brad Friedel; 5-Jan Vertonghen, 13-William Gallas, 28-Kyle Walker, 33-Steven Caulker; 7-Aaron Lennon, 11-Gareth Bale, 19-Mousa Dembele, 30-Sandro; 2-Clint Dempsey (Sigurdsson 70), 18-Jermain Defoe (Dawson 92)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com