Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Timnas Inggris Rugi Terry Pensiun"

Kompas.com - 24/09/2012, 05:25 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Asisten pelatih Chelsea, Ray Wilkins, menilai, tim nasional Inggris mengalami kerugian besar karena bek John Terry mengundurkan diri, Minggu (23/9/2012). Pasalnya, ia menilai, Terry adalah salah satu pemain penting bagi skuad "The Three Lions".

"Dia pemain hebat. Di ruang ganti, dia merupakan pemain yang memiliki karakter luar biasa. Sedangkan di lapangan dia melakukan apa yang dibutuhkan pelatih dan dapat memimpin rekan-rekannya dengan baik," ujar Wilkins seperti dilansir Sky Sports.

Terry membuat pernyataan pengunduran diri menjelang pengumuman hukuman Komite Disiplin FA, terkait kasus rasial terhadap bek Queens Park Rangers (QPR), Anton Ferdinand, Februari lalu. Pemain berusia 31 tahun itu pun harus rela ban kaptennya dicopot FA karena kasus tersebut.

"Fabio Capello memiliki kekecewaan besar dengan FA atas kasus John itu karena dia menyadari betapa pentingnya Terry untuk timnas kita," kata Wilkins.

"Saya merasa sangat sedih untuk Roy Hodgson (pelatih Inggris). Ia sangat jelas menginginkan agar John tetap berada di timnya dan memastikan dia akan tetap bermain di timnas. Apalagi, kita harus lolos kualifikasi Piala Dunia dan ini adalah pukulan besar bagi Inggris," lanjutnya lagi.

"Ini adalah kerugian besar. Anda dapat melihat kerugian itu ketika nantinya John akan menyatakan resmi gantung sepatu dari Chelsea. Untuk mendapatkan karakter yang sudah berada di ruang ganti kami dalam beberapa periode itu, akan sangat sulit," tutur Wilkins.

Wilkins mengakui, skuad Inggris saat ini memang memiliki sejumlah bek tangguh lain selain Terry. Akan tetapi, akan sangat sulit menemukan pemain dengan karakter seperti Terry.  

"Kita memang mempunyai banyak pilihan lain, dari para pemain muda yang akan muncul dan juga Rio Ferdinand yang telah melakukan tugasnya dengan sangat baik di Manchester United," kata Wilkins.

"Tetapi, apakah mereka mempunyai karakter seperti Terry? Jawaban saya, mungkin tidak, Sebab, dia tidak hanya peduli terhadap performanya sendiri, dia juga peduli dengan performa pemain lain. Saya rasa kami harus mencari karakter pemain seperti itu mulai dari sekarang," tegasnya kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com