Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Mana Pun, Van Persie Siap

Kompas.com - 05/09/2012, 10:46 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Striker Manchester United, Robin van Persie, menyatakan ”siap diplot di posisi mana pun” ketika membela tim nasional Belanda yang akan menghadapi Turki pada laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup D zona Eropa di Amsterdam, Jumat (7/9). Ia terancam kehilangan posisi utama di lini depan kendati tampil memukau bersama klubnya setelah Pelatih Belanda Louis van Gaal cenderung memilih Klaas-Jan Huntelaar.

”Saya selalu siap,” tegas Van Persie, Selasa, saat ditanya wartawan soal posisi mana yang akan dia mainkan. ”Tidak penting, apa yang saya pikirkan. Itu pertanyaan untuk pelatih. Saya siap tampil di posisi mana pun.”

Van Persie kehilangan posisi utama di timnas saat Belanda kalah 2-4 dalam uji coba melawan Belgia, bulan lalu. Van Gaal, yang menggantikan Pelatih Bert van Marwijk seusai kegagalan total tim ”Oranye” di Piala Eropa 2012, lebih memilih Huntelaar.

Itu sebabnya, ketika Belanda menghadapi Turki dan Hongaria dalam sepekan ke depan, Van Persie belum dipastikan akan turun sebagai starter meski ia tampil memukau dengan mencetak hattrick bagi kemenangan MU, 3-2, atas Southampton pada Liga Inggris, Minggu lalu.

Van Persie mengungkapkan, ia baru bertemu dan berbicara dengan Van Gaal soal posisinya dan menyebut posisinya belum pasti. ”Itu pembicaraan bagus,” katanya soal pertemuannya dengan Van Gaal. Meski belum dijamin bakal turun starter, striker berusia 29 tahun itu tetap setia dan siaga untuk membela timnas.

”Saya masih merasakan sebuah kehormatan bisa berada di sini (dipanggil membela timnas),” kata Van Persie kepada AD Sportwereld. ”Itu tidak akan berubah sekalipun saya tidak dimainkan pada laga-laga berikutnya.”

Di Grup D, selain bersaing dengan Turki, Belanda menghadapi Hongaria, Romania, Estonia, dan Andorra untuk memenangi tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 Brasil. Belanda meraih hasil bagus di Piala Dunia 2010 dengan lolos ke final sebelum kalah dari Spanyol, tetapi gagal total di Piala Eropa 2012 saat mereka kandas pada penyisihan.

Babak kualifikasi zona Eropa diikuti 53 negara, yang memperebutkan 13 tiket ke Brasil dan dibagi dalam sembilan grup. Juara grup lolos otomatis. Empat tiket lain diperebutkan delapan tim runner-up terbaik melalui play off.

Di Grup I, Perancis bertamu ke Finlandia, Jumat. Laga ini menjadi kesempatan gelandang Abou Diaby untuk tampil penuh sepanjang babak kualifikasi setelah dua tahun terakhir kerap absen karena cedera. Pemain Arsenal berusia 26 tahun itu tidak masuk timnas sejak Juni 2011.

”Persiapan saya bagus. Kami baru tampil tiga laga, tetapi semua terus membaik,” katanya. (REUTERS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com