Penuh Warna, "El Clasico" Jilid I Milik Barcelona

Kompas.com - 24/08/2012, 05:33 WIB
EditorTjatur Wiharyo

BARCELONA, KOMPAS.com — Barcelona berhasil menang tipis 3-2 atas Real Madrid pada leg pertama Piala Super Spanyol yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Kamis atau Jumat (24/8/2012) dini hari WIB. Semua gol yang tercipta hadir pada paruh kedua pertandingan.

Tensi panas pertandingan sudah terasa saat baru berjalan 12 menit. Xabi Alonso sudah diganjar kartu kuning lantaran menjegal Sergio Busquets.

Kesempatan pertama pertandingan itu didapat "Blaugrana" memasuki menit ke-18. Sebuah tembakan Gerard Pique dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kanan gawang Iker Casillas. Berselang kemudian, Lionel Messi memperoleh peluang terbaik. Sayang, tendangan kaki kiri pemain Argentina itu hanya tipis dari tiang gawang Casillas.

Barcelona benar-benar memegang kendali penuh permainan. Sedangkan Madrid lebih banyak mengumpulkan para pemain di daerahnya, dan sesekali melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-31, Casillas menjadi penyelamat gawang "Los Blancos". Tendangan keras Pedro Rodriguez melesat keras ke arah Casillas yang dengan sigap menepis bola keluar lapangan.

Semenit sebelum jeda, satu pemain dari masing-masing klub harus menerima kartu kuning. Alvaro Arbeloa melanggar Busquets, dan Javier Mascherano di kubu Barcelona menekel keras Fabio Coentrao. Skor babak pertama tetap 0-0 untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua, pertandingan berlangsung semakin menarik. Kebuntuan laga tersebut baru terpecahkan pada menit ke-55. Justru Madrid yang membuka keunggulan dari situasi bola mati. Umpan pojok Mesut Oezil disambar sundulan keras Cristiano Ronaldo yang merobek jala Victor Valdes.

Akan tetapi, kegembiraan "Los Merengues" tak bertahan lama. Dua menit berselang, Barcelona langsung membalas gol Ronaldo untuk membuat skor kembali sama 1-1. Adalah Pedro Rodriguez yang menggetarkan jala Casillas lewat tembakan mendatar keras setelah menerima umpan lambung Mascherano.

Saat laga menunjukkan menit ke-69, Barcelona mendapat keuntungan hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Sergio Ramos melanggar Andres Iniesta yang sempat mengecohnya. Messi yang menjadi algojo sukses mengelabui Casillas yang bergerak ke arah berlawanan. Barcelona berbalik unggul 2-1 atas Madrid.

Dua gol balasan dari Barcelona rupanya semakin melecut semangat juang pasukan Tito Vilanova. Terbukti, Xavi Hernandez berhasil menambah keunggulan Barcelona menjadi 3-1 pada menit ke-78. Acungan jempol atas terciptanya gol Xavi layak diberikan kepada Iniesta. Gelandang Spanyol itu melewati tiga adangan pemain Madrid sebelum melepaskan umpan cantik kepada Xavi.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X