Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan Britania Raya, Korsel Tantang Brasil

Kompas.com - 05/08/2012, 04:25 WIB

CARDIFF, KOMPAS.com - Korea Selatan (Korsel) untuk pertama kalinya melaju ke semifinal Olimpiade 2012 cabang sepak bola  setelah menang adu penalti 5-4 atas Britania Raya pada laga perempat final Olimpiade 2012 di di Stadion Millenium, Cardiff, Sabtu atau Minggu (5/8/2012) dini hari WIB. Adu penalti dilakukan karena kedua kubu bermain 1-1 hingga akhir babak tambahan.

Dengan hasil tersebut, Korea Selatan akan menghadapi Brasil di semifinal. Sedangkan, satu partai lainnya mempertemukan Meksiko dengan Jepang.

Pada babak normal, Britania Raya tampil dengan percaya diri sejak menit awal. Akan tetapi, Korea Selatan mampu mencuri gol lebih dulu setelah kiper Butland gagal mengantisipasi tendangan Ji Dongwon pada menit ke-29.

Ketinggalan, Britania Raya langsung tancap gas. Pada menit ke-36, tim asuhan Stuart Pearce itu mendapat kesempatan emas setelah mendapat hadiah penalti karena bek Korea Selatan melakukan handsball di kotak terlarang. Dengan tenang, Ramsey sukses menceploskan bola untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Empat menit berselang, Britania kembali mendapat penalti setelah pemain Korea Selatan melakukan pelanggaran. Namun, kali ini Ramsey gagal mengkonversi penalti itu, karena bola tendangannya mampu ditepis kiper Jung Sungryong.

Pada babak kedua, Britania Raya masih menguasai pertandingan. Beberapa kali Ramsey dan Sinclair mendapat peluang di depan gawang. Sayang, barisan pertahanan Korea Selatan mampu tampil sigap menahan gempuran tersebut.

Di babak perpanjangan, Britania Raya juga belum dapat mencetak gol, meski tampil cukup dominan. Pada menit ke-115, usaha Daniel Sturridge pun belum membuahkan hasil, karena bola tendangannya masih melenceng ke kanan gawang.

Berikut urutan eksekutor penalti.
0-1 Ramsey (Britania Raya) - gol - tembakan ke kanan atas gawang.
1-1 Koo J (Korea Selatan) - gol - tembakan ke kiri bawah gawang.
2-1 Cleverley - gol - tembakan ke kiri atas bawah gawang
2-2 Baek S - gol - tembakan ke kiri bawah gawang
3-2 Dawson - gol - tembakan ke kiri bawah gawang
3-3 Hwang - gol - tembakan ke kanan atas gawang
4-3 Giggs - gol - tembakan ke kanan atas gawang
4-4 Park J - gol - tembakan kanan atas gawang
4-4 Sturridge - gagal - tembakan ke kanan bawah gawang ditepis Lee B.
4-5 Kis S - gol- tembakan ke atas kiri gawang.

Susunan Pemain:
Britania Raya: 1-Butland, 2-Taylor, 3-Bertrand, 5-Caulker, 7-Cleverley, 8-Allen, 9-Sturridge, 10-Bellamy (11-Giggs 85), 14-Richards (6-Dawson 60), 15-Ramsey, 16-Sinclair.

Korea Selatan: 1-Jung S (18-Lee B 62), 3-Yun S, 4-Kim Younggwon, 6-KI Sungyueng, 9-JI Dongwon, 10-Park Chu Yong, 11-Nam T, 12-Hwang S, 13-Koo J, 14-Kim C (2-Oh Jaesuk 7), 15-Park Jongwoo.

Wasit: Roldan Wilmar (Kolombia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com