Kompas.com - 24/07/2012, 01:32 WIB
EditorHery Prasetyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Senin (23/7/2012) sore, menumpang pesawat KLM dengan rute perjalanan Amsterdam-Kuala Lumpur-Jakarta, tim "Garuda Muda" U-14 kembali ke Tanah Air. Kepulangan para atlet muda ini disambut tangis haru dari keluarga yang hadir menjemput. Walaupun tampak lelah, senyum tidak hilang dari wajah mereka.

Ketika ditemui di gerbang kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, Dodi Alfayed, sang kapten tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Kabomania SKF Indonesia yang menjadi perwakilan Indonesia dalam Gothia Cup di Gothenburg, menyampaikan kesannya tentang Gothenburg. "Saya sangat senang," ujarnya.

"Ini pertama kalinya saya jalan-jalan ke Eropa. Saya juga senang kami telah mencapai target. Kami bisa lebih baik dari tahun lalu." Dodi melanjutkan, "Lain kali, harus lebih baik lagi dari tahun ini. Indonesia harus bisa!"

Hal senada diungkapkan juga oleh Cecep Jumhana. Cecep adalah satu dari duo pelatih yang mendampingi tim U-14 Indonesia di ajang Gothia Cup kali ini.

"Gothenburg sangat indah dan rapi. Di sana tidak ada kemacetan dan polusi. Di dalam satu daerah juga ada 23 lapangan dan semuanya sudah standar," jelas Cecep.

Tim U-14 harus bertanding dalam kondisi yang tidak familiar di Swedia. Di musim panas ini, matahari lebih lama menyinari kota Gothenburg. Padahal, pagi-pagi sekali, tim U-14 harus berlaga di lapangan hijau.

Setelah 9 kali bertanding dan berhasil mencetak 40 gol, Cecep melihat adanya penurunan stamina para atlet muda bimbingannya. Meskipun demikian, Cecep tetap bangga dengan tim U-14. Cecep berpesan, "Saya berharap setelah ini mereka masuk timnas pelajar Indonesia."

Cecep juga menekankan pentingnya membenahi pembinaan atlet sejak usia dini di Indonesia. Dengan pembinaan yang baik, menurutnya, hasilnya juga akan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.