Polisi Selidiki "Tweet" Rasialisme terhadap Duo Ashley

Kompas.com - 26/06/2012, 03:24 WIB
EditorDaniel Sasongko

KYIV, KOMPAS.com — Polisi Inggris mulai melakukan penyelidikan untuk dugaan rasialisme online melalui Twitter. Salah seorang pemilik akun jejaring microblogging itu mengirimkan rentetan status yang menghina Ashley Young dan Ashley Cole, dua algojo Inggris yang gagal menceploskan bola ke gawang Italia, Minggu (24/6/2012).

"Semua yang aku maksudkan cuma lelucon, santai saja, polisi tahu aku cuma bercanda dan mereka juga tak akan merepotkan diri, salam manis," begitu tweet si pemilik akun setelah mendapatkan serangkaian protes.

Tak berapa lama, pemilik akun lain membalas.

"Salah. Komentar-komentar Anda mungkin telah melawan peraturan kepentingan umum. Kami sudah memberi masukan untuk pihak yang dirugikan tentang bagaimana melaporkan hal ini secara resmi ke polisi," tweet yang masuk itu ternyata dari pihak Kepolisian West Midlands, Inggris.

"Kami memperhatikan komentar bernada rasial di Twitter sehubungan dengan pertandingan Inggris tadi malam dan kami akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," sebut juru bicara Kepolisian Metropolitan yang tak disebut namanya kepada BBC.

Sang juru bicara malah telah memperkirakan posisi pemilik akun Twitter bernada rasial itu berada di London.

"Layanan Kepolisian Metropolitan akan memeriksa segala kemungkinan pelanggaran di bawah Pasal 18/19 Peraturan Kepentingan Umum 1986," sambungnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tindakan kepolisian Inggris itu sudah resmi direspons oleh Twitter.

"Aturan kami terhadap peraturan pemerintah lokal jelas di Twitter dan akan mencari semua laporan dari mereka yang sudah merasa dirugikan," kata juru bicara Twitter.

Jejaring microblogging itu sendiri dapat menyensor sejumlah tweet akun-akun yang telah melanggar peraturan. Hal itu termasuk kegiatan ilegal dan langsung, terutama untuk ancaman kekerasan terhadap user lainnya.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.