Masalah Terbesar sehingga Ceko Kalah

Kompas.com - 22/06/2012, 17:28 WIB
EditorCaroline Damanik

WARSAWA, KOMPAS.com — Gelandang tim nasional Ceko, Tomas Rosicky, mengucapkan selamat kepada timnas Portugal atas kemenangan 1-0 dalam laga perempat final Piala Eropa, Kamis (21/6/2102) atau Jumat dini hari WIB, di Stadion Nasional Warsawa. Rosicky mengakui bahwa Portugal lebih layak menang.

Menurut dia, Portugal bermain lebih efektif dan lebih baik daripada timnya. Lalu, apa yang menurut dia membuat tim "Kereta Cepat" harus menyerah dan pulang lebih dulu?

"Di babak pertama, kami bermain solid. Masalah terbesar adalah di babak kedua saat kami tidak bisa mempertahankan penguasaan bola dan selalu berada di bawah tekanan Portugal. Jadi, seperti yang saya katakan, selamat Portugal," ujar kapten kesebelasan Ceko itu seperti dilansir situs resmi klubnya, Arsenal.

Sayang, Rosicky tidak bermain di pertandingan melawan Portugal lantaran cedera. Pemain berusia 31 tahun itu merasa timnya kehilangan sentuhan di babak kedua dan selalu ditekan Portugal sehingga tidak bisa leluasa bergerak.

"Saya rasa Portugal memang pantas meraih kemenangan karena mereka tim yang lebih baik (dibandingkan Ceko). Selamat bagi Portugal," tuturnya.

Namun, Ceko dinilai sudah melampaui target dalam turnamen ini. Kekalahan 1-4 dari Rusia pada pertandingan fase grup di Stadion Miejski, Jumat (8/6/2012), telah membuat anak asuh Michal Bilek ini hampir putus asa dan dianggap tidak mungkin lolos dari Grup A. Namun, berkat kekalahan ini pula Ceko kembali padu dan justru menjadi juara grup. Bahkan, Rusia yang membantai mereka pun tidak lolos grup.

Menurut pemain berjuluk "The Little Mozart" ini, target utama "Narodak", julukan Ceko, adalah lolos dari fase grup dan bermain sebaik mungkin di babak selanjutnya.

"Target kami adalah lolos dari grup dan mencoba bermain sebaik mungkin di babak selanjutnya. Kami telah melakukan itu. Rasanya kami bisa pulang dari turnamen ini dengan kepala tegak. Kami kalah dari tim yang lebih hebat. Tidak ada yang perlu disesalkan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.