Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Spanyol dan Kroasia Diblok Buldozer

Kompas.com - 18/06/2012, 19:19 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Perjalanan suporter Spanyol dan Kroasia menuju Stadion PGE Arena di Gdansk, Polandia, Senin atau Selasa (19/6/2012) dini hari WIB, bakal diblokade oleh pekerja. Aksi ini dilakukan para pekerja subkontraktor pembangunan stadion yang belum dibayar.

Pejabat lokal kemungkinan tak bisa mencegah aksi ini. Sebab itu, mereka menyiapkan alternatif jalan menuju stadion tersebut, sehingga arus penonton ke stadion untuk menyaksikan pertandingan Spanyol lawan Kroasia bisa terus berjalan.

Ini pertandingan sangat menentukan bagi kedua tim. Spanyol hanya butuh hasil seri untuk ke babak perempat final. Sebaliknya, Kroasia harus menang atau setidaknya seri 2-2. Sebab itu, mereka sangat membutuhkan kehadiran suporter.

Meski begitu, jalan-jalan itu kemungkinan belum didata ke GPS. Sehingga, orang asing yang membawa mobil sendiri dan bergantung pada informasi GPS bisa tersesat.

Sejauh ini, Slovackiego Avenue merupakan yang menghubungkan bandara di Gdansk ke pusat kota. Maka, hampir pasti blokade para pekerja itu akan menyulitkan arus kendaraan ke stadion. Dan, itu memang menjadi target mereka.

Sebuah subkontraktor mengaku belum dibayar atas pekerjaan mereka dalam pembangunan jalan menuju stadion tersebut. Sehingga, mereka melakukan protes.

"Karena blokade itu, kita akan bekerja dengan rencana lain untuk mengatur transportasi publik ke stadion. Akses ke stadion akan dijamin lancar," jamin otoritas transportasi Gdansk lewat webside Gazeta.pl. Lembaga ini menganjurkan suporter memakai bus, trem, atau kereta.

Kontraktor utama pembangunan stadion di Gdansk dan infrastrukturnya, termasuk jalan, dipegang oleh Hydrobudowa. Kontraktor ini kemudian menggandeng sekitar 100 subkontaktor. Polandia bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunan stadion ini, namun ternyata masih menyisakan masalah, termasuk pembayaran kepada subkontraktor. (RTR)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com