Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosque: Silva, Messi dari Roja

Kompas.com - 16/06/2012, 16:20 WIB

GNIEWINO, KOMPAS.com - Spanyol sudah mencetak lima gol dalam dua pertandingan awal Piala Eropa 2012. Hebatnya, empat dari lima gol itu tak lepas dari peran David Silva.

Di pertandingan kedua, Kamis (14/6/2012), saat "La Furia Roja" menaklukkan Irlandia dengan skor 4-0, sebuah gol dan sepasang umpan cantik yang dengan mudah diselesaikan oleh Fernando Torres menjadi catatan manis Silva yang patut diperhitungkan.

Aksinya itu membuat pelatih timnas Spanyol, Vicente Del Bosque, mengakui Silva sebagai gelandang serang yang kreatif dan fantastis di pusat lini tengah Spanyol dalam Piala Eropa 2012. Del Bosque pun tak segan-segan melemparkan pujian atas aksi briliannya tersebut.

"Messi dari Roja," ungkap pelatih berusia 61 tahun itu seperti dilansir AFP.

"Dia adalah pemain yang sangat penting bagi kami," ungkap Del Bosque kemudian sebelum laga melawan Irlandia.

Silva datang dengan kepercayaan diri yang tinggi setelah memainkan peran penting dalam kesuksesan timnya, Manchester City, di Premier League musim 2011-12. Kepercayaan diri ini menghapus kenangan buruk dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dia hanya sekali dimainkan sebagai pemain mula dan sekali dimainkan sebagai pemain pengganti saat final. Silva menjadi cadangan setelah Spanyol kalah 0-1 dari Swiss di laga perdana.

Del Bosque percaya, kesempatan kedua ini tak akan disia-siakan oleh Silva. Dan pemain berusia 26 tahun itu membuktikan kemampuannya.

Del Bosque mencatat bahwa Silva menjadi penghubung yang kreatif antara jendral-jendral lini tengah, seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Tak ada masalah pula baginya untuk mampu mencetak gol.

"Mungkin dia tidak punya waktu sebanyak yang dia harapkan di Piala Dunia. Namun kami sangat mengandalkannya pada turnamen ini," tegas Del Bosque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com