Polisi dan Persikmania Halau Bonek dari Kediri

Kompas.com - 07/06/2012, 12:27 WIB
EditorGlori K. Wadrian

KEDIRI, KOMPAS.com - Polisi menutup akses masuk ke Kota Kediri bagi suporter pendukung Persebaya Surabaya, Bonek. Penjagaan ini menyusul digelarnya laga tanpa penonton dalam babak delapan besar Piala Indonesia 2012 antara Persik kontra Persebaya di Stadion Brawijaya, Kediri, Kamis (7/6/2012).

Petugas ditempatkan di beberapa titik perbatasan, serta akses transportasi umum seperti terminal dan stasiun kereta api. Tidak hanya polisi, pendukung Persik yang berjuluk Persikmania juga turut menghalau kedatangan Bonek. Mereka menanggalkan atribut Persik dengan hanya menggunakan kode pita ungu yang tersemat di lengan.

Ketua Forum Komunikasi Suporter Persik M.Hanif mengatakan, pihaknya berupaya konsisten mendukung kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini menurutnya demi kebaikan bersama. "Kita telah berkoordinasi dengan Bonek dan hasilnya sama-sama memahami," kata M.Hanif, saat ditemui di Stasiun Kediri, siang ini.

Pantauan di Stasiun Kediri, suasana masih sepi dari kedatangan Bonek. Pada Kereta Api Rapih Doho yang baru datang dari Surabaya, juga tidak terlihat adanya Bonek.

Kepala sub bagian Humas Polres Kediri Kota, Ajun Komisaris Surono mengatakan, hingga siang ini pihaknya telah memulangkan ratusan suporter Bonek. Selain dipulangkan, konvoi Bonek di dua tempat yaitu di Badas dan perbatasan Mengkreng juga diarahkan kembali ke Surabaya.

"Untuk pengamanan laga ini disiagakan 1.086 personil gabungan dari Polri, TNI serta Satpol.PP," kata Surono.

Sebelumnya laga sepakbola ini hampir gagal digelar. Penyebabnya karena faktor keamanan menyusul terjadinya kisruh suporter di beberapa tempat. Hingga akhirnya otoritas keamanan menyetujui digelar dengan syarat tanpa penonton. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.