Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Clarke-Liverpool Berpisah Baik-baik

Kompas.com - 07/06/2012, 02:54 WIB

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Melaui situs resminya, Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA) mengumumkan bahwa Steve Clarke resmi meninggalkan Liverpool.

"LMA mengumumkan bahwa Steve Clarke dan Liverpool telah berpisah baik-baik. Steve diangkat (Liverpool) menjadi pelatih tim utama pada Januari 2011 dan sekarang siap untuk tantangan karier yang baru," demikian pernyataan LMA.

Clarke merupakan pelatih tim utama pada periode kedua kepelatihan Kenny Dalglish (8 Januari 2011-16 Mei 2012). menurut Soccernet, Clarke sudah mengajukan surat pengunduran diri tak lama setelah Dalglish dipecat, tetapi ditolak Liverpool.

Clarke berperan membangun performa Liverpool, terutama di bidang pertahanan. Pada Premier League 2011-2012, rekor kebobolan Liverpool (40 gol) hanya kalah dari Manchester United (33) dan Manchester City (29).

Pengganti Dalglish, Brendan Rodgers, yang direkrut dari Swansea City, 1 Juni lalu, pernah bekerja sama dengan Clarke sebagai staf pelatih di Chelsea pada 2004-2008.

Rodgers sendiri pindah ke Liverpool dengan membawa tiga stafnya ketika di Swansea, yatu asisten manajer Colin Pascoe, analis performa Chris Davies, dan Kepala Sains Olahraga dan Kesehatan Glen Driscoll.

Sebagai konsekuensi, Liverpool akan mengalami perubahan gaya dan sistem bermain. Menurut Rodgers pun meminta manajemen dan pendukung bersabar.

"Bagi saya, butuh waktu untuk soal bagaimana saya ingin bermain dan filosofi yang ingin saya terapkan. Tujuan jangka panjang saya adalah melihat seberapa cepat kami bisa melakukannya," ujar Rodgers.

"Prinsip utama permainan berdasar pada pemain yang Anda miliki dan itu tak perlu diragukan. Saya akan melihat (materi tim) dan melihat jika ada pemain yang perlu saya datangkan untuk meningkatkan kualitas tim."

"Kami ingin memainkan sepak bola yang unggul dan efektif. Saya tahu bahwa kami perlu bermain dengan cara itu, tetapi jelas itu akan menjadi tugas untuk periode berikutnya (setelah materi tim dinilai mumpuni)."

"Ini soal hasil dan kemajuan tim, tetapi kami akan melakukan langkah pertama dan semoga itu akan berkembang dalam beberapa tahun mendatang. Apa yang kami butuhkan adalah mengembangkan tim dan kualitas tim dan semoga dalam beberapa tahun mendatang kami akan siap menghadapi tantangan dan berkompetisi," papar Rodgers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com