Izin Kandang Persebaya Dibekukan

Kompas.com - 05/06/2012, 19:00 WIB
EditorGlori K. Wadrian

SURABAYA, KOMPAS.com - Polrestabes Surabaya membekukan untuk sementara izin pertandingan kandang Persebaya 1927 di Liga Primer Indonesia (LPI), maupun Persebaya Divisi Utama di Liga Super Indonesia (LSI) untuk waktu yang tidak ditentukan.

Kebijakan itu menyusul belum kondusifnya keadaan keamanan pascakerusuhan di Gelora Stadion 10 Nopember Minggu (3/6/2012) usai pertandingan Persebaya kontra Persija di laga lanjutan IPL.

''Demi alasan keamanan, izin pertandingan Persebaya kami bekukan sementara,'' kata Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Tri Maryanto, Selasa (5/6/2012).

Pembekuan izin itu otomatis mengancam berlangsungnya laga 8 besar Piala Indonesia antara tuan rumah Persebaya menjamu tamunya Persik Kediri di Stadion Gelora 10 Nopember 13 Juni mendatang. Persebaya melaju ke babak 8 besar Piala Indonesia setelah menekuk PSLS Lhoksumawe 3-0. 

Dalam kerusuhan tersebut, jatuh puluhan korban luka dari pihak polisi maupun suporter bonek. Bahkan satu di antara bonek tewas karena kekurangan oksigen dan terinjak-injak suporter lain saat polisi menembakkan gas ke arah tribun suporter. 

Pemicunya beberapa bonek turun dari tribun yang hendak mengambil spanduk dihalangi oleh polisi karena dikhawatirkan akan mengganggu pemain tim tamu. Bonek di atas tribun tidak terima sehingga melempari polisi dengan botol dan batu. Karena dianggap kondisi mengkhawatirkan, akhirnya polisi menembakkan gas air mata. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.