Investigasi Dilakukan, IPL Tak Perlu Dihentikan

Kompas.com - 04/06/2012, 16:00 WIB
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com Sekjen PSSI Tri Goestoro menyatakan tak perlu menghentikan sementara kompetisi Indonesian Premier League (IPL) jika investigasi kasus kematian bonek atau pendukung Persebaya Surabaya seusai Persebaya Surabaya melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya, Minggu (3/6/2012), dilakukan.

"Tidak harus sampai dihentikan sementara. Soalnya, sambil berjalan tetap bisa melakukan investigasi," jelas Tri saat dihubungi wartawan, Senin (4/6/2012).

Tri menyatakan, PSSI terus mengumpulkan data dan keterangan dari insiden tersebut sehingga menyebabkan meninggalnya seorang bonek, Purwo Adi Utomo.

"Kami masih menunggu penyebabnya," tambahnya.

Purwo meninggal saat kericuhan pecah saat laga memasuki menit akhir. Saat itu, para suporter Persebaya melakukan pelemparan ke lapangan dan bangku pemain cadangan, bahkan beberapa suporter berusaha masuk ke lapangan. Kejadian ini membuat kericuhan antara bonek, penggemar fanatik Persebaya, dan polisi pecah.

Polisi pun berusaha menghalau massa yang sebagian besar berada di tribun ekonomi sisi selatan dengan menggunakan gas air mata. Akibatnya, ratusan bonek berebut turun sambil berdesak-desakan. Korban dinilai tewas terinjak-injak saat peristiwa ini berlangsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.