Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xavi: Barca Vs Bilbao Seru

Kompas.com - 19/05/2012, 06:02 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menilai pertandingan final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao, di Vicente Calderon, Madrid, 25 Mei mendatang, akan berlangsung sangat menarik karena, menurutnya, selain punya kualitas taktik dan teknik, Bilbao juga punya fisik kuat.

"Mereka lawan yang sangat menantang karena mereka memainkan pertahanan man to man. Mereka tim yang kuat secara fisik. Mereka bergerak dinamis selama 90 menit dan lini depan menciptakan tekanan besar. Fernando Llorente, misalnya, tak pernah berhenti berlari. Intensitas seperti itu tak memberi kami banyak waktu untuk berpikir. Ini akan menjadi pertandingan seru. Aku pikir, pertandingan akan sengit dan menuntut kekuatan fisik," ulas Xavi.

Menghadapi Bilbao, Barcelona kemungkinan besar akan tampil tanpa Carles Puyol, Eric Abidal, dan Dani Alves. Namun, Xavi menilai, Barcelona bisa mengatasi itu dengan pemain yang ada saat ini.

"Kami kehilangan pemain penting, misalnya Puyol, Abidal, dan Alves. Kehilangan mereka adalah kerugian besar. Namun, Adriano bermain luar biasa. Montoya juga cukup baik untuk bermain di final. Javier Mascherano dan Gerard Pique juga berada dalam level performa bagus. Kami punya orang-orang yang sangat siap untuk mengatasi absennya pemain lini belakang," papar Xavi.

Final Copa del Rey juga merupakan laga perpisahan antara Barcelona dan pelatih "Pep" Guardiola. Kontrak Pep habis 30 Juni mendatang dan Pep menolak untuk memperpanjang kontrak. Posisinya akan digantikan asisten pelatih Tito Vilanova.

"Tito orang tang sangat dihormati pemain. Ia sering menyaksikan pertandingan dan sangat bersemangat mengenai sepak bola. Ia mengenal tempat ini dan memainkan peranan penting dalam kesuksesan kami empat tahun terakhir. Ia bisa menjaga keseimbangan dan pilihan tepat," pungkas Xavi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com