Ini Alasan Hodgson Coret Ferdinand

Kompas.com - 16/05/2012, 22:15 WIB
EditorTjatur Wiharyo

LONDON, KOMPAS.com - Bek Rio Ferdinand tidak masuk skuad Inggris untuk Piala Eropa 2012. Ini merupakan kejutan mengingat Ferdinand rutin membela Inggris selama 15 tahun terakhir. Total, ia telah membela Inggris sebanyak 81 kali.

Keputusan mengejutkan itu diambil oleh Roy Hodgson, yang diangkat FA menjadi pelatih Inggris, 1 Mei silam. Hodgson berharap, Ferdinand bisa menerima keputusan tersebut.

"Keputusan ini sepenuhnya berdasar pertimbangan sepak bola. Rio adalah orang yang saya hormati, baik sebagai pemain maupun pribadi. Sata tidak mengenalnya secara pribadi, tetapi saya telah cukup melihatnya selama bertahun-tahun untuk memahami betapa baiknya ia sebagai pesepak bola maupun pribadi," ujar Hodgson.

"Namun, saya harus mengambil keputusan sepak bola dan memutuskan beradasar apa yang saya lihat dalam beberapa bulan terakhir. Keputusan ini dipengaruhi oleh fakta bahwa Rio tak bermain rutin sejak Piala Dunia dan hanya bermain sekali untuk Inggris tahun lalu."

"Dari sudut pandang sepak bola, saya ingin orang seperti Phil Jones masuk skuad ini karena ia membantu memberikan keseimbangan di posisi bek kanan, berkaitan dengan absennya Kyle Walker."

"Jadi, ini murni berdasar pertimbangan sepak bola dan sulit (bagi saya menelepon Ferdinand) karena Anda tidak suka mengecewakan orang lain. Saya berharap, Rio bisa menerima keputusan saya dan mengerti bahwa ini seratus persen karena pertimbangan sepak bola dan bukan hal lain," tuturnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.