Berpesta di Koeln, Dortmund Mantapkan Posisi

Kompas.com - 26/03/2012, 00:33 WIB
EditorHery Prasetyo

KOELN, KOMPAS.com - Borussia Dortmund berpesta di Stadion RheinEnergie, kandang FC Koeln. Shinji Kagawa dan kawan kawan melumat tuan rumah dengan skor 6-1 dalam laga lanjutan Bundesliga, Minggu (25/3/2012).

Kemenangan besar ini semakin memantapkan Dortmund di puncak klasemen dengan 62 poin, unggul lima poin dari Bayern Muenchen yang menguntit di posisi kedua. Sementara Koeln tertahan di peringkat ke-14 dengan 28 angka.

Tuan rumah sebenarnya unggul lebih dulu pada menit ke-13. Menerima umpan silang Martin Lanig, Milivoje Novakovic menceploskan bola ke gawang Dortmund lewat sundulan.

Dortmund yang ingin mempertahankan jarak dengan Bayern Muenchen tak tinggal diam. Serangan demi serangan dilancarkan oleh pasukan Juergen Klopp tersebut. Salah satunya adalah ancaman dari Robert Lewandowski pada menit ke-16 yang masih bisa dimentahkan oleh kiper Koeln, Michael Rensing.

Lukasz Piszczek akhirnya membuat Dortmund menyamakan kedudukan pada menit ke-26. Umpan dari Marcel Schmelzer ditanduk oleh Piszcczek sehingga membuat bola masuk ke gawang Koeln tanpa mampu dihalau oleh Rensing.

Dortmund menggila di babak kedua. Pertandingan di babak ini baru berjalan tujuh menit, tim tamu sudah mencetak dua gol.

Gol pertama dicetak oleh Shinji Kagawa pada menit ke-47 memanfaatkan umpan sundulan dari Piszczek. Sementara gol kedua dipersembahkan Lewandowsku pada menit ke-52 hasil umpan Jakub Blaszczykowski.

Ilkay Guendogan memperbesar kemenangan timnya menjadi 4-1 pada menit ke-78 usai memanfaatkan umpan dari Shinji Kagawa. Selang dua menit berikutnya, Kagawa mencetak gol keduanya lewat tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti.

Dortmund berpesta. Pada menit ke-84, pemain pengganti Ivan Perisic memaksa Rensing memungut bola dari gawangnya untuk keenam kalinya. Gol ini tercipta berkat umpan dari Guendogan. Gol ini pun  menjadi penutup pesta Dortmund.

Susunan pemain
Koeln
: 1-Michael Rensing, 21-Pedro Tunon Geromel, 17-Henrique Sereno Fonseca, 4-Christian Eichner (3-Ammar Jemal 46), 2-Miso Brecko, 5-Sascha Riether, 13-Martin Lanig (6-Kevin Pezzonu 82), 15-Slawomir Peszko (16-Mikael Ishak 77), 27-Christian Clemens, 11-Milivoje Novakovic, 10-Lukas Podolski

Dortmund: 1-Roman Weidenfeller, 15-Mats Hummels, 4-Neven Subotic, 29-Marcel Schmelzer, 26-Lukasz Piszczek, 21-Ilkay Guendogan, 22-Sven Bender (5-Sebastian Kehl 61), 19-Kevin Grosskreutz (14-Ivan Perisic 73), 16-Jakub Blaszczykowski, 9-Robert Lewandowski, 23-Shinji Kagawa (7-Moritz Leitner 81)

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X